Car Free Night Batal Dilaksanakan saat Malam Tahun Baru Nanti

oleh -
banner 120x600

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Car Free Night yang rencananya akan dilakukan saat malam tahun baru nanti (31/12) di Jl. Siliwangi, akhirnya dibatalkan. Hal tersebut lantaran akan diselenggarakannya pengajian Akbar Buya Yahya di At-Taqwa.

“Car Free Night akhirnya dibatalkan. Dan itu sudah mendapat persetujuan dari Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Barat,” ujar Kasat Lantas AKP Rezkhy Satya saat ditemui awak media, Kamis (28/12).

Awalnya, Car Free Night atau malam bebas mobil ini konsepnya sama seperti Car Free Day, yakni menggunakan sebuah jalan raya untuk orang-orang beraktivitas, dan tidak memperbolehkan kendaraan seperti mobil atau sepeda motor masuk, hanya saja waktunya di malam hari. Dan Polres Cirebon Kota sudah merencanakan hal tersebut di Jl. Siliwangi nanti.

Namun, terkait dengan adanya kegiatan Pengajian Akbar Buya Yahya di Masjid At-Taqwa, maka akan ada banyak orang bahkan dari luar daerah untuk menghadiri acara tersebut. Apalagi, waktunya bertepatan dengan malam tahun baru 2018.

“Karena itu, kita membatalkan rencana Car Free Night tersebut, supaya lalu lintas tidak semakin semrawut di Kota Cirebon,” tuturnya.

Adapun rekayasa lalu lintas saat malam tahun baru nanti, menurut Kasat Lantas tidak akan diberlakukan one way atau satu arah. Hanya saja, akan ada pengalihan arus supaya tidak berkumpul di satu titik, terutama di Jl. Cipto Mangunkusumo.

“Jadi, kita akan mengalihkan beberapa jalur, seperti dari arah Plered akan dialihkan menuju By Pass Kedawung, Dari Kedawung ke Jl. Pemuda. Karena banyaknya massa yang ke Transmart, jadi yang dari arah lampu merah Pemuda-Cipto tidak bisa langsung ke Transmart, melainkan harus dari Gunung Sari,” jelasnya.

Rezkhy melanjutkan, setelah dari Gunung Sari, baru ada U-Turn atau putar balik di beberapa titik supaya tidak menimbulkan kemacetan. Dan dalam rekayasa lalu lintas ini, Polres Cirebon Kota menerjunkan anggota sebanyak 120 orang, dibantu dengan Sat Sabhara dan Sat Reskrim.

“Kita mengimbau kepada masyarakat, silakan adakan acara tahun baru di wilayahnya masing-masing. Kita siap mengamankan kota. Dan diharapkan agar mentaati peraturan lalu lintas,” pungkasnya.(Juf/RJN)

Comment