oleh

48 Anggota BAP di Wisuda

RJN, Bekasi – 48 anggota satpam PT Bima Adikarya Persada (BAP) menjalani wisuda diploma administrasi perkantoran tahun ajaran 2017-2018 diJababeka Convention Center, Cikarang Utara, Selasa (18/12/2018).

Mereka telah menjalani pendidikan selama 1 tahun di Akademi Komunitas Presiden (AKP) dengan mengambil jurusan administrasi perkantoran.

 Kepala Divisi Keamanan Jababeka Erwin Usman, menjelaskan, hal itu adalah hasil kerja sama antara BAP dengan AKP untuk menyiapkan tenaga terampil.

“Dalam rangka wisuda ini, pemberdayaan satpam BAP di sektor perumahan, perkantoran dan industri. Karena, kawasan Jababeka ada ketiga-tiganya,” ucap Erwin kepada awak media.

Lanjutnya, dengan keberadaan 3 wilayah itu, tingkat kerawanan cukup tinggi, sehingga kerja sama itu diharapkan dapat mengakomodasi keperluan satpam agar bisa memenuhi ketiga sektor itu.

“Bedanya dengan satpam tempat lain, mereka tidak berada di satu kawasan, ada di kantor saja misalkan. Kalau Jababeka ada tiga-tiganya, jadi ini tantangan yang cukup berat,” imbuhnya.

Sebelum wisuda digelar, sejumlah satpam BAP menunjukkan kebolehan dalam bela diri wushu dan mempermainan double stick.

Erwin menjamin, satpam BAP memiliki kompetensi dasar sehingga legalitas, profesionalitas dan etika mereka tidak diragukan lagi. Kompetensi dasar yang ia maksud adalah gada pratama.

“Jadi kita tidak hanya gunakan tenaga mereka, tapi angkat dan harkat martabat mereka. Kita bekali mereka kemampuan seperti bela diri dan penggunaan alat karena di sini adalah kawasan Objek Vital Nasional jadi pengamanan harus mengacu Kepres Nomor 43 Tahun 2004,” katanya.

Sementara itu, Kapolsek Cikarang Komisaris Sujono yang hadir pada kegiatan itu memberikan apresiasi terhadap kerja sama BAP dan AKP.

“Jadi tentunya akan lebih bermutu sekuriti Jababeka. Mereka diberi pendidikan D-1, jadi bagaimana kemahiran sebagai sekuriti sehingga tetap harus mengedepankan integritas dan komitmen,” ucap mantan kepala Polsek Tambelang ini.

Ia berharap dengan pembekalan ilmu itu, satpam dapat lebih tangkas sehingga kepolisian lebih mudah dalam memberi arahan kepada mereka.

“Karena mereka membantu tugas kepolisian secara keseluruhan,” demikian Sujono.(ziz/rjn)

Komentar

News Feed