Jelang Masa Tenang, Seluruh Anggota Satpol PP Diminta Tertibkan APK

oleh -

RJN, Bekasi – Memasuki masa tenang Pemilu yang berlangsung pada tanggal 17 April mendatang, seluruh anggota Satpol PP Kabupaten Bekasi diminta menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) di berbagai sudut wilayah Kabupaten Bekasi.

“Yang paling pokok pembersihan APK. Karena tanggal 14 April mulai memasuki masa tenang,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Uju, usai rapat koordinasi dengan Bawaslu, KPU dan perwakilan partai politik di Gedung Bupati Bekasi, pada Senin (8/4/2019).

Dikatakan Uju, bahwa hasil dari rapat koordinasi tersebut ada beberapa hal yang perlu disinergikan dengan penyelenggara pesta demokrasi, salah satunya yaitu penertiban APK.

“Kita sebagai Pemerintah Daerah mendukung kegiatan ini dengan mengerahkan Satpol PP,” tuturnya.

Lanjut Uju, penertiban APK akan difokuskan di jalan utama yang dimulai dari perbatasan Kota Bekasi hingga Kabupaten Karawang.

“Itu yang menjadi fokus titik lokasi penertiban APK. Tapi kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh kecamatan. Jadi, penertiban ini akan dilakukan mulai tanggal 14 April saat memasuki masa tenang,” tegas Uju.

Sementara itu, Akbar Khadafi selaku Koordinator Divisi Pengawasan, Humas Bawaslu Kabupaten Bekasi, menambahkan, untuk teknis penertiban APK akan dibagi menjadi dua segmen.

“Pertama, untuk wilayah kecamatan akan ditertibkan oleh Kasi Trantib beserta Panwascam wilayah serta dibantu oleh peserta Pemilu tingkat kecamatan. Kedua, untuk Bawaslu dan dan Satpol PP Kabupaten Bekasi akan menertibkan sekitaran jalan protokol,” papar Akbar.

Menurutnya, jika diperlukan pengawas Pemilu tingkat desa dan pengawas TPS juga akan dilibatkan. Mereka akan menertibkan APK yang berada di jalan lingkungan.

“Penertiban APK pada masa tenang akan dilaksanakan mulai 14-16 April 2019 yang mengacu dengan UU Nomor 7 tahun 2017 pasal 298 ayat 4. Dan Pemda akan memfasilitasi kebutuhan penertiban APK, yang akan dilakukan oleh Bawaslu beserta jajaran bersama-sama dengan peserta Pemilu dan Satpol PP Kabupaten Bekasi,” pungkasnya. (ziz/rjn)

Berita Rekomendasi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments