XL Axiata Bangun Jamban Sehat di Tegal dan Wisata Hijau di Lampung

oleh -

Program Wisata Hijau di Lampung 

Sementara itu, di  Kota Bandar Lampung, karyawan dan MTXL bekerjasama dengan Lembaga Amil Zakat Nasional Inisiatif Zakat Indonesia (Laznas IZI) Lampung, meluncurkan program Wisata Hijau Kota “Green Me”, Sabtu (12/11). Program ini sebagai upaya pemberdayaan pemerintah dengan masyarakat. Program ini berupa kawasan wisata rekreasi dan edukasi berbasis agrowisata yang berlokasi di Kelurahan Labuhan Ratu, Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung, Lampung. Program ini melibatkan warga kurang mampu untuk secara langsung ikut mengelola, menanam, serta merawat sayuran, buah-buahan, serta budidaya ikan. Hadir dalam acara peluncuran tersebut, Ketua Majelis Taklim XL Axiata, Yanuar Tirta Kumaya dan Direktur Pendayagunaan IZI Pusat, Aan Suherlan, 

Ketua Majelis Taklim XL Axiata, Yanuar Tirta Kumaya mengatakan,”Program Wisata Hijau Kota ini menggunakan dana zakat yang ini berasal dari karyawan XL Axiata untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.  XL Axiata berkomitmen untuk terus memperbesar kontribusi kepada masyarakat sebagai wujud kepedulian melalui program-program CSR yang berkelanjutan. Kami berharap, melalui program ini, kami bisa ikut membantu membangun upaya peningkatan ekonomi masyarakat Kelurahan Labuhan Ratu, Kecamatan Kedaton. Program ini pun bisa menjadi bagian dari upaya mendukung ketahanan pangan Kota Bandar Lampung.” 

Program “GreenMe” yang dibangun sejak 23 Oktober 2022 ini memanfaatkan lahan seluas lebih kurang 500 meter persegi yang merupakan lahan sewa. Lokasi ini juga dikembangkan untuk menjadi destinasi wisata edukasi tanaman sayur, buah, dan ikan. Sayuran, buah, dan ikan yang dihasilkan akan dijual baik pada pengunjung destinasi, masyarakat umum ataupun untuk kebutuhan industri kecil menengah, saat ini ada sekitar 6 orang yang menjadi karyawan di tempat ini. Ada tiga kota lain yang menjalankan program ini di antaranya Yogyakarta, Balikpapan, dan Palu. (*)

Comment