Wujudkan Smart City, Cirebon Luncurkan I-Cirebon dan E-Presensi Siswa

oleh -

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Dalam rangka mewujudkan Cirebon Smart City, Pemerintah Kota Cirebon meluncurkan aplikasi I-Cirebon (perpustakaan digital) dan E-Presensi Siswa (E-Kehadiran Siswa), yang bertempat di SMPN 6 Kota Cirebon, Kamis (8/2). Pada saat yang bersamaan juga diresmikan Free Wifi Corner dan Free Hotspot di sekolah.

Ketua tim pelaksana Smart City Kota Cirebon Iing Daiman, S.Ip, M. Si, menjelaskan, jika I-Cirebon merupakan aplikasi perpustakaan digital yang dapat diakses melalui android oleh semua orang.

Sedangkan e-Presensi Siswa merupakan aplikasi langganan sms blast bagi orangtua atau wali yang ingin memperoleh informasi waktu kedatangan dan kepulangan siswa atau anak mereka saat di sekolah. Kedua aplikasi tersebut merupakan hasil kerjasama dengan PT Indosat Tbk (ooredoo).

“Biaya E-Presensi hanya Rp 6 ribu/bulan dari pemotongan pulsa telepon orangtua siswa/wali. Namun,pengguna dan kepesertaan aplikasi ini sifatnya tidak wajib. Hanya untuk orangtua atau wali yang secara sukarela mendaftarkan diri untuk berlangganan,” ungkap Iing.

Sedangkan untuk Free Wifi Corner adalah tempat untuk menyediakan akses internet gratis di area publik. Menurut Iing, saat ini sudah terpasang di 4 titik. Masing-masing di Balaikota, Sentra PKL alun-alun Kejaksan, Gedung Kesenian Rara Santang, dan Lapangan Kebon Pelok Kelurahan Kalijaga. Free Wifi Corner ini bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia.

“Ditargetkan akan ada 14 titik Free Wifi Corner sepanjang tahun ini,” kata Iing.

Sedangkan Free Hotspot Sekolah yaitu menyediakan akses internet gratis di sekitar lingkungan sekolah. Saat ini akan segera dipasang di 5 sekolah di Kota Cirebon. Free Hotspot Sekolah ini bekerja sama dengan Biznet.  

“Yang paling membanggakan, 4 program ini semuanya merupakan hasil kolaborasi Dewan Smart City dan tidak menggunakan pembiayaan dari APBD Kota Cirebon,” pungkas Iing.(Juf/RJN)

Berita Rekomendasi

Comment