oleh

Unwir Segera Miliki Gedung Baru FKM

RJN, Indramayu – Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unwir segera memiliki gedung baru. Hal tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan ruang kuliah FKM oleh Asisten Bidang Pembangunan Setda Jabar Dani Ramdhan didampingi Asisten Pembangunan Setda Indramayu Maman Kostaman usai prosesi wisuda 517 mahasiswa Unwir, Sabtu (15/9) lalu.

Dani Ramdhan mengatakan, ia akan segera menyampaikan rancangan pembangunan gedung baru tersebut, termasuk kekurangan pendanaan kepada Gubernur Jabar Ridwal Kamil. Ia mengaku tidak ragu dan bimbang untuk menggelontorkan bantuan ke Unwir. Pasalnya dua gedung fakultas bantuan Pemprov Jabar tahun 2016 lalu, sudah terbukti bisa dipertanggungjawabkan.

“Bantuan Pemprov Jabar tahun 2016 sudah diwujudkan Unwir dengan membangun  dua gedung fakultas. Ini suatu bukti kalau Unwir memiliki komitmen untuk  memajukan dunia pendidikan di Jawa Barat, khususnya di Kabupaten Indramayu,” ungkap Dani.

Meski demikian, kata dia,  dari sisi administrasi dan kuitansi lengkap titip agar dipenuhi sesuai prosedural. Hal itu dilakukan agar  pembangun gedung baru FKM terwujud dan semua pihak selamat dari jeratan hukum. “Waluapun sudah bisa menggratiskan pendidikan, namun kalau kuitansi hilang kita akan dibui,” timpal Dani mencontohkan sebuah kasus.

Dani menambahkan, Pemprov Jawa Barat dari gubernur ke gubernur, termasuk Gubernur terpilih Ridwal Kamil, terus berkesinambungan dan selalu meletakan program-program pengembangan SDM melalui sektor pendidikan dan kesehatan. Pengembangan SDM kian ditingkatkan oleh gubernur terpilih melalui program  pendidikan tinggi juara sebagai penjabaran dari Visi Jabar Juara Lahir Batin. “Kemajuan Jabar tidak mungkin hanya ditunjang oleh pembangunan fisik, tetapi juga pembangunan non fisik,” ujarnya.

Sementara Rektor Unwir Dr Ujang Suratno SH MSi mengaku bersyukur karena rancangan pembangunan gedung baru FKM yang menjadi cita-cita pihaknya akan terjawab dalam waktu dekat ini.  “Dalam rancangan dan cita-cita tersebut, kami berkeinginan membangun gedung ruang kuliah Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM). Selain ada FKM juga ada program studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja, dan terakhir yang dirancang adalah Fakultas Kedokteran. Alhamdulilah untuk pembangunan gedung ruang kuliah FKM kami dapat bantuan dari Pemprov Jabar,” kata Ujang.

Masih di hari yang sama, sebelum peletakan batu pertama pembangunan gedung FKM, Unwir Indramayu menggelar Wisuda Gelombang II Tahun 2018 bagi 517 mahasiswa. Jumlah tersebut tediri dari 498 sarjana (S1) dari berbagai disiplin ilmu, dan 19 mahasiswa pasca sarjana (Magister Pendidikan).

Rektor Unwir Dr Ujang Suratno menambahkan, Unwir terus mengalami kemajuan pesat. Salah satu indikasinya, peringkat Unwir sebagai perguruan tinggi terus meningkat. Dikatakan, berdasarkan rilis Dikti tentang peringkat perguruan tinggi, Unwir saat ini berada di peringkat 795 dari 3.244 perguruan tinggi se-Indonesia. Padahal setahun sebelumnya Unwir berada di peringkat 1.106.

“Ini tentu saja sangat luar biasa. Dalam waktu satu tahun peringkat kita melonjak pesat. Bahkan menurut pemeringkatan versi Uni Rank, Unwir berada di peringkat 14 Top Universities ini West Java dan ranking 114 se-Indonesia,” tandas Ujang bangga. (red/rls/RJN)

Komentar

News Feed