TMMD ke-99 yang Dilaksanakan Kodim 0507/Bekasi Resmi Dibuka

oleh -
banner 120x600

RakyatJabarNews.com, Bekasi – Kodim 0507/Bekasi secara resmi membuka rangkaian kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) pada Selasa (04/07) di alun-alun Kota Bekasi. Acara pembukaan juga dibarengi dengan kegiatan bakti sosial, yakni pengobatan gratis untuk umum bagi 500 orang, pembagian kacamata sebanyak 500 buah, dan pembagian sembako sebanyak 500 paket, serta dimeriahkan dengan Bazaar.

Komandan Kodim 0507/Bekasi, Letkol Infantri Wawan Kusnendar mengatakan bahwa, kegiatan pembukaan TMMD ke 99 dihadiri Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, Kepala Staf Daerah Militer (Kasdam), Brigjen TNI Eko Margiyono, Danrem 051/WKT, Kolonel Inf Rifki, Kolonel Inf Edison (Paban V / Bakti Mabes AD), Kolonel Kav Prince meyer Putung (Aster Kasdam Jaya), Kolonel Inf Andi Samsul (Kabintaldam Jaya), Kombes Pol Hero Bahtiar (Kapolres Metro Bekasi Kota), Letkol Inf Ade Roni (Dandim 0504/JS), Letkol Inf Iwan Setiawan (Dandim 0505/JT), Letkol Inf Anan (Danyonif Mekanis 202 / TM), Mayor Czi Noris (Danden Zipur), Mayor Mar Temmy Irawan (mewakili AS Ops Lantal), H. Tumai (Ketua DPRD Kota Bekasi) dan Unsur Muspida, Tokoh Masyarakat, Organisasi Kemasyarakatan dan Kepemudaan, serta mahasiswa dan pelajar di Kota Bekasi.

Letkol Infantri Wawan Kusnendar

“Kegiatan TMMD juga didukung oleh Komunitas DPC Peace Love Kota Bekasi yang konsen pada kegiatan sosial dan isntansi lainnya. TMMD adalah bhakti TNI yang setiap tahun dilaksanakan sebagai wujud sinergitas dengan pemerintah daerah. Ini bentuk sinergitas Kodim 0507/Bekasi dengan Pemda setempat,” ujarnya kepada awak media pada Selasa (04/07).

Wawan melanjutkan, tujuan lain dari kegiatan TMMD ini adalah membantu Pemerintah Daerah, dalam hal ini Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur yang belum tersentuh yang diharapkan masyarakat agar lebih sejahtera. Kata dia, jika dilihat dari keindahan itu pasti ada, dan keuntungan lainnya adalah dengan adanya kegiatan TMMD dapat meningkatkan nilai harga jual wilayah setempat.

“Selain melakukan kegiatan yang terfokus ke fisik, kita juga melakukan kegiatan non fisik bagi masyarakat, yakni memberikan wawasan kebangsaan, memberikan motivasi terhadap pelajar dan memberikan informasi informasi untuk masyarakat. Contohnya, bila ada yang masyarakat yang ingin menjadi anggota TNI/POLRI. Tujuannya adalah masyarakat sejahtera dan terwujud kemanunggalan masyarakat dengan TNI,” harapnya.

Lebih lanjut, Wawan mengungkapkan, kegiatan TMMD ke 99 yang dilaksanakan Kodim 0507/Bekasi pada 2017 ini terfokus di daerah Kayuringin, Bekasi Selatan. Kegiatannya antara lain memperkeras jalan sepanjang 500 meter, memperbaiki rumah tidak layak huni (Rutilahu) sebanyak 7 unit. Kata dia, sebelum dilakukan kegiatan, pihaknya terlebih dahulu melakukan survey dan selanjutnya meminta persetujuan dari Pemkot Bekasi.

“Sumber dana pelaksanaan kegiatan TMMD menggunakan APBD Kota Bekasi yang awalnya diserap dari Musrenbang yang kita berikan masukan ke pimpinan lalu diajukan ke Pemda dan disetujui sehingga terlaksana. Kegiatan TMMD selama satu bulan yang dimulai dari 4 Juli hingga 4 Agustus 2017 mendatang. Kodim 0507/Bekasi membawahi 5 Koramil sehingga pelaksanaan TMMD tiap tahunnya bergantian. Tahun sebelumnya di wilayah Kecamatan Pondokgede, saat ini giliran di wilayah Bekasi Selatan dan disitu ada Koramil 01/Kranji,” tandasnya.

Sekadar diinformasikan, dalam pelaksanaan TMMD ke-99 yang dilaksanakan Kodim 0507/Bekasi terlaksana atas sinergi dengan unsur vertikal dalam hal ini Pemkot Bekasi dan tiap tahun terlaksana. Untuk jumlah personil yang terlibat pada TMMD ke-99 sebanyak 150 personil terdiri dari TNI AD, TNI AU, TNI AL, dan Polisi serta Kesbangpol Kota Bekasi. Komunitas pegiat sosial, Organisasi Masyarakat dan Kepemudaan, Pelajar dan Mahasiswa pada kegiatan TMMD ke 99 di teritorial Kodim 0507/Bekasi juga dilibatkan. (RJN)

Comment