Tim Saber Pungli Polres Cirebon Turun ke Desa Karangwuni, ini Kata Kuwu Karangwuni

oleh -

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Mencuatnya pungli yang meresahkan warga Desa Karangwuni ditanggapi serius oleh Polres Cirebon dengan menurunkan Tim Saber Pungli di bawah Komando Wakapolres Cirebon. Melalui Kasat Binmas Polres Cirebon AKP Susanto, mereka turun tangan dengan datang ke Pemerintah Desa Karangwuni Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon untuk mensosialisasikan Saber Pungli.

Saat ditemui seusai rapat Sosialisasi Saber Pungli di Kantor Desa Karangwuni hasi Rabu (17/1), Kuwi Suhedi mengatakan jika kedatangan Kasat Binmas Polres Cirebon untuk mensosialisasikan Saber Pungli, agar Pemerintah Desa dan masyarakat tidak mengalami pungli oleh oknum.

“Sekarang kami memahami apa itu Saber Pungli dari Kasat Binmas dan pihak Pemerintah Desa melalui Kasatgas ditunjuk sebagai Petugas yang menangani laporan dari Warga dan meneruskan laporan ke Tim Saber Pungli Polres Cirebon, agar kasus pungli yang membuat heboh di media cetak dan elekronik tidak lagi dialami warga kami,” jelasnya saat ditemui awak media.

Masih menurut Suhedi, Polres Cirebon turun karena berita di media, sehingga menjadi perhatian khusus dari Polres Cirebon. Pihak Pemerintah Desa juga membentuk Satgas Saber Pungli yang dijabat oleh Kasatgas. Sehingga, jika ada masyarakat yang dipungli, maka pihak desa akan melapor ke Tim Saber Pungli Polres Cirebon.

“Ini merupakan dampak dari pemberitaan di media, sehingga Tim Saber Pungli Polres Cirebon turun ke desa kami dan meminta pemerintah desa membentuk Satgas pengaduan pungli dan masyarakat agar melapor ke Tim Saber Pungli Polres Cirebon,” tuturnya.

Ditambahkan Suhedi, dari masyarakat yang kami undang sekitar 50 orang, baik pengusaha lokal maupun RT dan RW agar mereka memahami apa itu pungutan liar. Sedangkan, jika ada oknum yang melakukan pungli, maka masyarakat bisa melapor ke Pemerintah Desa maupun ke Tim Saber Pungli Polres Cirebon langsung.

“Masyarakat khususnya pengusaha dan RT RW, kami undang agar mereka memahami pungutan liar dan jika menemui oknum yang melakukan pungli, untuk segera lapor ke satgas di Desa maupun langsung ke Tim Saber Pungli,” pungkasnya.(Ymd/RJN)

Comment