oleh

Satpol PP Kejar-kejaran Dengan Gepeng

RJN, Cirebon – Satpol PP Kota Cirebon harus berjibaku mengamankan belasan gelandangan dan pengemis (Gepeng) di perempatan Alun-alun Kejaksaan, Jumat (19/7/2019). Aksi kejar-kejaran tak terhindarkan ketika petugas datang ke lokasi.

Para Gepeng yang mangkal di sekitar Alun-alun Kejaksan dan Masjid At-taqwa ini kerap dikeluhkan pengguna jalan dan masyarakat, karena keberadaan mereka mengganggu dan memaksa. Terlebih, jam operasi mereka setiap hari Jumat atau sebelum dan setelah salat Jumat.

Kepala Seksi Bina Penertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Satpol PP Kota Cirebon, Asep Kurnia mengatakan, razia Gepeng itu karena banyaknya laporan dari masyarakat mengenai kenyamanan dan keamanan ketika melintas di sekitar pusat Kota Cirebon itu.

“Mereka suka meminta dengan paksa kepada para jamaah yang Sholat Jumat. Biasanya rutin setiap Jumat,” katanya, Jumat (19/7/2019).

Menurutnya, para gepeng itu didominasi dari wilayah Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon. Mayoritas di antaranya bahkan merupakan wajah lama yang kerap ditertibkan petugas.

“Mereka yang ditertibkan hari ini akan dibawa ke Kantor Satpol PP untuk didata. Selanjutnya, mereka akan dibina melalui kerjasama dengan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Cirebon,” ujarnya.

Setelah dibina dan diberi arahan, para gepeng itu dipulangkan ke asalnya masing-masing. “Kami khawatir, keberadaan mereka berdampak pada sektor pariwisata Kota Cirebon yang tengah digenjot.

(red/rjn)


Komentar

News Feed