oleh

RTIK Kota Cirebon Hadir Dalam FGD Komunitas Siber se-Jawa Barat

RJN, Bandung – Focus Group Discussion (FGD) Komunitas Siber se-Jawa Barat yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskomifo) Provinsi Jawa Barat digelar di Ruang Ir. H. Arifin Yoesoef Lantai IV Kantor Diskominfo Provinsi Jawa Barat. Acara ini hanya diikuti oleh lima puluh peserta undangan yang berasal dari beberapa komunitas siber wilayah Jawa Barat, salah satunya Relawan TIK (RTIK) Kota Cirebon, pada Rabu (18/12/19).

Menurut Aris Saefullah selaku peserta, RTIK Kota Cirebon menjadi salah satu perwakilan komunitas siber yang diundang dalam acara FGD. “Ya, RTIK Kota Cirebon diundang oleh Diskominfo Jabar untuk mengikuti FGD ini,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Setiaji selaku Ketua Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat menyebut bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan pertama dari Diskominfo dalam ranah siber “Ini merupakan kegiatan pertama dari Diskominfo Provinsi Jabar dalam ranah siber, semoga ke depan bisa continue,” Jelasnya.

FGD ini para peserta dibekali beberapa materi yang berkaitan dengan siber diantaranya yakni materi tentang Komunitas Ngesec, Blue Team, Kolaborasi Komunitas Cyber Dengan Pemerintah serta Social Engineering yang dibawakan oleh para pemateri yang kompeten.

Setiaji juga berharap, setelah adanya kegiatan ini dapat menghasilkan sebuah output yang baik “Dengan adanya kegiatan ini, saya harap dapat membentuk koloni atau komunitas baru yang lebih besar dalam ranah siber yang nantinya dapat membantu dan mendukung pemerintah baik daerah, provinsi maupun nasional dalam menangani keamanan siber dalam bidang komunikasi dan informatika,” tuturnya.

(gie/rjn)

Komentar

News Feed