PT. Kereta Api Mengganti Sistem Persinyalan Jalur Kereta

oleh -
banner 120x600

RakyatJabarNews.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai hari ini, Rabu, 7 Juni 2017, melakukan pergantian sistem persinyalan di lintasan rel dari Stasiun Cakung sampai Stasiun Cikarang. Hal tersebut dilakukan juga demi menghadapi musim mudik lebaran 2017 nanti.

Terkait hal tersebut pula, hari ini mulai dilaksanakan pekerjaan perubahan switch over sistem persinyalan dari sistem solid state interlocking yang sudah bertugas dari tahun 1994, ke sistem persinyalan kyosan buatan Jepang.

Terkait adanya perubahan sistem persinyalan dari Stasiun Cakung hingga clCikarang ini, akan ada keterlambatan sementara baik kereta api jauh maupun dekat.

“Saya yakin dengan adanya perubahan tersebut untuk mengurangi penumpukan, kelancaran kereta makin cepat, dan keselamatan semakin terjaga lebih baik dari sebelumnya,” ungkap Cecep, salah satu penumpang asal Bekasi.

Di wilayah PT. KAI Daop 1 Jakarta sendiri terdapat tujuh jenis sistem persinyalan, di antaranya SSI Westinghouse Inggris, SSI Alstom Australia, SSI GEC Alstom Perancis, VPI DBRI Inggris, Mekanik S&H, dan MC Allister Vialis Belanda.

Penggunaan sistem persinyalan baru ini sudah harus segera dilakukan agar perjalanan kereta api di wilayah PT. KAI Daop 1 Jakarta yang berjumlah 1229 per hari ini bisa semakin lancar dan tepat waktu. (RJN)

Comment