Melalui Festival Sakura Matsuri 2018, Indonesia Jepang Makin Mesra

oleh -

RakyatJabarNews.com, Cikarang – Untuk mempererat hubungan indonesia-Jepang terus berlanjut yang Lippo Cikarang mengadakan acara Festival Budaya Sakura Matsuri ke-7 yang didukung oleh Komunitas Alumni Jepang di Indonesia (KAJI), Keduataan Besar Jepang di Indonesia, serta Pemerintah Daerah setempat. Acara berlangsung dua hari berturut-turut pada 7 dan 8 April 20l8 berlokasi di Citywalk, Lippo Cikarang, Sabtu (7/4/2018).

Festival Sakura Matsuri tahun ini bertepatan dengan peringatan 60 tahun hubungan diplomatik lndonesia-Jepang, yang sekaligus diangkat sebagai tema acara.

Chief Executive Officer (CEO) PT Lippo Cikarang Tbk Toto Bartholomeus mengatakan, “festival Sakura Matsuri 2018 bertujuan mewadahi masyarakat Jepang di Lippo Cikarang dengan berbagai festival budaya antar negara”. Festival Sakura Matsuri merupakan festival tahunan di Jepang yang digelar untuk menikmati keindahan bunga sakura yang mekar pada musim ini. Suasana yang sama dihadirkan melalui Sakura Matsuri 2018 yang berlokasi di citywalk.

Dimana pemilihan lokasi dikarenakan berada pada kawasan tempat tinggal masyarakat Jepang di Cikarang.

Festival Sakura Matsuri 2018 akan dimeriahkan oleh Soran Bushi. Bon Dori. Cosplay. Coswalk. Mr & Mrs Sakura.

Tari Daerah, Tari Sakura, AKIZO, Kazu, Japanese Band. Japanese Idol. Yoshimoto Comedian. Hiroaki Kato, Snowdrop, Ren-Ai, Cikarang Keion Club, Jakarta Keion Club, Omikishi. Sisingaan. dan J-Rocks sebagai special guest star. Acara juga akan dimeriahkan oleh kegiatan flash mob. food festival. food tracks. bazaar. dan taiko

Pada Sakura Matsuri 2018, akan ditampilkan pertunjukan Omikoshi. Omikoshi atau Mikoshi merupakan tandu suci yang dipercayai dinaiki oleh objek pemujaan atau roh dari Kuil Shinto di Jepang.

Tanya Jawab: Saat Press Confrence dengan awak media, Sabtu (7/4/2018).

Selama pelaksanaan festival (matsuri) di Jepang, Omikoshi akan diarak untuk membawa roh ke tempat peristirahatan sementara dengan maksud menenangkan roh yang ada.

Dengan karakteristik yang hampir sama, terdapat pula pertunjukkan Sisingaan yang merupakan kesenian asli dari Jawa Barat. Sisingaan atau Gotong Singa merupakan seni arak-arakan dengan menggoreng boneka singa yang ditunggangi oleh seorang anak. Ketika arak-arakan telah selesai akan dilanjutkan dengan atraksi.

Sisingaan memiliki makna untuk keselamatan atau syukuran. Pertunjukan yang memiliki kesamaan karakteristik tersebut akhirnya akan menunjukkan kedekatan antara Indonesia dan Jepang yang telah menjalin hubungan diplomatik selama 60 tahun.

Akan hadir dalam acara tersebut di antaranya CEO PT Lippo Cikarang Tbk Toto Bartholomeus. Ryo Nakamura Minister Embassy of Japan, Norihisa Tsukamoto Director General of The Japan Foundation. Datki Kasugahara President Director Japan External Trade Organization (JETRO), Shuichi Sakano Director of Japan National Tourism Organization (JNTO), Yoshinori Sodeoka Chairman of Steering Committee JJC (Jakarta lapan Club).

Ushio Hiroshi Vice-Chairman of Cikarang Japan Club (CJC), dan Hayato Tanaka Chief Representative Tha Association for Overseas Technical Cooperation and Sustainable (AOTS) Jakarta.(ziz/RJN)

Berita Rekomendasi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments