Peringatan Hari Ibu ke-91 Tahun 2019 : Perempuan Berdaya, Indonesia Maju

  • Whatsapp
Puncak Peringatan Hari Ibu ke-91, oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Uju, yang berlangsung di Gedung Swatantra Wibawa Mukti, Senin (23/12). Fg: Yubunk dan Opin/ Humas

RJN, Bekasi – Pemerintah Kabupaten Bekasi memperingati Hari Ibu Ke-91 tahun 2019, di Gedung Swatantra Wibawa Mukti, pada Senin (23/12). Acara ini merupakan acara puncak dari serangkaian acara Hari Ibu, oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA). Tema acara kali ini adalah “Perempuan Berdaya, Indonesia maju”.

Sekretaris Daerah Uju dalam sambutannya, mengatakan bahwa tema ini diusung karena melihat situasi bangsa yang masih mengalami perlakuan diskriminatif.

“Tema peringatan Hari Ibu ini dibangun dengan melihat situasi dan kondisi Bangsa Indonesia yang masih mengalami kekerasan, perlakuan diskriminatif, dan lain-lain,” ungkap Uju dalam sambutannya.

Menurutnya, kondisi tersebut memerlukan strategi, dan keterlibatan semua unsur masyarakat dan multi stakeholder, termasuk peran laki-laki dalam gerakan yang mendukung pencegahan kekerasan dan pencapaian kesetaraan gender. Karena tanpa itu semua, mustahil bahwa perempuan berdaya dan Indonesia maju dapat diwujudkan.

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan peran perempuan Indonesia dalam segala aspek kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara menuju pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berkeadilan serta mewujudkan Indonesia yang bebas dari kekerasan, perdagangan orang dan kesenjangan akses ekonomi terhadap perempuan.

Uju, juga menyampaikan bahwa Peringatan Hari Ibu kali ini merupakan momentum yang sangat berarti, karena ibu adalah seorang perempuan yang berjuang dalam mensejajarkan harkat, martabat dan kedudukan perempuan yang patut menjadi contoh dan motivasi bagi kita semua, terutama kaum perempuan indonesia masa kini yang merupakan generasi penerus perjuangannya

“Perjuangan seorang ibu menjadi inspirasi bagi kaum perempuan Indonesia bahwa tidak ada kata menyerah, sosok yang bersahaja dengan tidak meninggalkan keluruhan kodratnya sebagai seorang perempuan yang menjadi istri dari suami dan ibu dari putera puteri yang dilahirkannya,” ucapnya.

Uju berharap dengan diselenggarakannya acara ini dapat membawa hikmah dan manfaat yang besar bagi kemajuan kaum perempuan dalam memperjuangkan hak-haknya dan partisipasinya dalam membangun bangsa.

“Harapan saya, peringatan hari ibu ke-91 tahun 2019 ini dapat mendorong tercapainya kesetaraan gender dalam setiap aspek kehidupan,” harapnya.

Puncak Peringatan Hari Ibu ke-91 Tingkat Kabupaten Bekasi juga dihadiri oleh Ketua Pengadilan Agama Cikarang, Unsur Muspida, para Kepala OPD dan Camat se-Kabupaten Bekasi, Ketua Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Ketua Gerakan Organisasi Wanita (GOW), Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) dan para para Ketua Organisasi Perempuan Kabupaten Bekasi. Acara diisi dengan berbagai pertunjukan tari-tarian dan paduan suara dari anggota anggota organisasi wanita dan pemberian cenderamata kepada Sekretaris Daerah.

(red/rjn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *