oleh

Pemkab Kuningan Bakal Rampingkan OPD, Ini Alasannya

RJN, Kuningan – Sekda Kuningan, Dian Rachmat Yanuar menyebut, bahwa perampingan OPD saat ini masih dalam kajian bersama tim ahli. Kajian yang dilakukan membutuhkan waktu sekitar tiga bulan kedepan, sehingga menghasilkan keputusan yang komprehensif.

“Masih dikaji, kajian kemarin dari Organisasi dan Pa Asda III masih dikaji lah. Intinya kajian ini masih berproses, tapi kita belum rapat secara intensif,” kata Sekda Kuningan, Dian Rachmat Yanuar saat dimintai keterangan persnya, Rabu (22/5/2019).

Namun gambaran sementara lanjutnya, hasil konsultasi Bagian Organisasi dengan tim ahli sudah diajukan hasil rancangannya. Tapi yang jelas, semua masih tahap kajian.

“Sebab begini, dari berbagai hal kita harus bisa disikapi secara hati-hati. Kalau misalnya efisiensi, tapi ketika mengurangi kualitas layanan juga menjadi pertimbangan khusus,” tandasnya.

Dirinya berharap, agar OPD nantinya dapat selaras dengan keinginan pimpinan yakni ramping struktur kaya fungsi. “Insya Allah sesuai petunjuk pimpinan seperti itu, kita akan proses, kita akan kaji, yang mana saja kita akan kaji, ketika ramping struktur kaya fungsi ini tidak mengurangi kualitas pelayanan,” ungkapnya.

Apakah perampingan OPD ini akan dilakukan bersamaan dengan mutasi pejabat, Ia menilai, bahwa akan diprioritaskan untuk perampingan OPD terlebih dulu. “Ya jelas punya pengaruh, masa misalnya sekarang kita lakukan rotasi atau mutasi mengisi kekosongan lalu besoknya lembaga itu di merger, kan gak mungkin. Kalau misalnya pimpinan keinginan perampingan OPD dulu, imbasnya ya terhadap rotasi atau mutasi jabatan mungkin menyusul,” terangnya.

Dia menegaskan, bahwa kajian perampingan OPD ini tengah dilakuan secara serius bersama tim ahli. “Yang pasti pimpinan tidak asal bicara, ini hasil konsultasi dengan tim ahli IPDN dan Unpad. Bagaimana nanti kita menciptakan ramping struktur kaya fungsi, tapi ini juga akan tidak berdampak terhadap kualitas pelayanan kepada masyarakat,” tandasnya.

Dia menyebut, kajian perampingan OPD ini membutuhkan sekitar tiga bulan ke depan. “Ya mudah-mudahan tiga bulan rampung ya, makanya kajian serius tetap berjalan. Karena pada akhirnya, hasil kajian ini akan diserahkan kepada pimpinan,” jelasnya.

Dia menilai, kemungkinan untuk dilakukan rotasi atau mutasi jabatan terlebih dahulu ketimbang perampingan OPD, prosentasinya cukup kecil. “Kita juga kemarin sudah ajukan ke Bapemperda DPRD Kuningan, mudah-mudahan ini tidak terlalu lama,” pungkasnya.

(dri/rjn)


Komentar

News Feed