oleh

Pemerintah Tunggu Masterplan Kota Baru Patimban

RJN, Subang – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Bupati Subang H. Ruhimat menghadiri Rapat Koordinasi Penyelesaian Pelabuhan Patimban dengan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan.

Rakor yang dilaksanakan di Kantor Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Jln. Thamrin Jakarta. Selasa (3/12/19). tersebut membahas soal Pelabuhan Patimban.

Berbagai persoalan dibahas, mengingat pelabuhan bertaraf internasional yang dalam proses pembangunan di Kabupaten Subang tersebut sangat berdampak pada masyarakat sekitar pelabuhan dan masyarakat Subang pada umumnya.

Hal yang paling penting dalam rakor tersebut soal rencana pembangunan Kota Baru Patimban sebagai kawasan penyangga pelabuhan internasional itu.
“Saya sudah minta ke JICA bulan Januari 2020 untuk mulai mendesain masterplan sebuah kota, sehingga jelas kalau mau ada pusat pemerintahan Subang silakan, rekreasi, industri dan lainnya. Akhirnya (Patimban) menjadi contoh pelabuhan di Indonesia” kata Ridwan Kamil.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, untuk kota baru Subang yang berdekatan dengan Pelabuhan Patimban akan dilengkapi dengan akses jalan tol.

“Untuk membuat suatu ibu kota baru yang di sisi kanan kiri dari pada akses baru menjadi alternatif akses tol baru. Jadi Patimban Pelabuhan akan dekat dengan kota baru. Penunjukan ibu kota baru Subang,” tuturnya.

Sementara itu terkait pemindahan ibu kota baru Subang Bupati Subang Ruhimat mengungkapkan pihaknya memang memiliki rencana pemindahan pusat pemerintahan Kabupaten Subang. namun demikian katanya, lokasinya tidak terlalu dekat dengan area pelabuhan Patimban.

“Kami berencana untuk memindahkan pusat pemerintahan. Tapi, lokasinya bukan berarti pindah ke wilayah pelabuhan Patimban. Tapi, masih radius 30 kilometer dari Patimban,” katanya.

Turut mendampingi Bupati Subang dari para pejabat Subang, diantaranya Kepala BP4D Sumasna dan Kepala Dinas PUPR Besta Besuki.

Rapat tersebut dipimpin langsung Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

(ded/rjn)

Komentar

News Feed