Pelajar SMA Latih Semangat Inovasi dan Berkontribusi bagi Indonesia melalui HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021

oleh -
banner 120x600

rakyatjabarnews.com, Jakarta –  HiLo Teen, susu sumber protein yang tinggi kalsium, lebih rendah lemak, dan dengan rasa enak untuk tumbuh ke atas, untuk pertama kalinya mengadakan HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021, program design thinking bagi pelajar SMA dan sederajat dari ratusan sekolah di Indonesia untuk mendukung proses belajar mereka serta melatih kemampuan design thinking, proses berpikir yang sistematis, menyeluruh, dan mengedepankan empati dalam menyelesaikan masalah-masalah nyata.
Bekerja sama dengan Singapore Tourism Board dan didukung oleh Pahamify, HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021 sejalan dengan misi pemerintah Indonesia dalam mempersiapkan anak muda dengan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) unggul, mampu bersaing serta siap menghadapi perkembangan dunia kerja kedepannya. Berlangsung sejak Agustus hingga November 2021, program HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021 diadakan secara gratis dan dapat diikuti oleh pelajar SMA dan sederajat dari Sabang sampai Merauke.

Susana, Head of Marketing Nutrifood mengatakan, ”HiLo Teen yang merupakan salah satu brand unggulan Nutrifood dengan bangga memperkenalkan HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021, program design thinking tingkat nasional pertama di Indonesia bagi pelajar SMA dan sederajat. Design thinking sendiri adalah sebuah metode cara berpikir untuk menyelesaikan masalah dengan berfokus pada kebutuhan pengguna atau user. Pertama kali dipopulerkan di Amerika Serikat oleh David Kelley dan Tim Brown, pendiri IDEO, sebuah konsultan desain produk berbasis inovasi, konsep design thinking ini kami coba terapkan di Indonesia bagi para pelajar SMA dan sederajat dengan tujuan mendukung proses belajar serta melatih proses berpikir yang sistematis, menyeluruh, dan mengedepankan empati dalam menyelesaikan masalah-masalah nyata di masyarakat.”

“Kami senang sekali HiLo Teen Design Thinking Marathon tahun ini bekerja sama dengan mitra strategis kami, yaitu Singapore Tourism Board yang selama bertahun-tahun mendukung program HiLo, serta didukung oleh Pahamify, aplikasi belajar online yang seru dilengkapi video pembelajaran yang asik hingga tips agar tetap semangat untuk belajar. Kami percaya bahwa hadirnya program design thinking ini tidak hanya akan berguna bagi pelajar SMA untuk mempersiapkan diri menempuh pendidikan lebih tinggi nanti, namun juga melatih diri mereka lebih siap dalam menghadapi perkembangan dunia global, berbagai tantangan dalam kehidupan mereka serta menjadi pribadi yang kontributif bagi masyarakat,” jelas Susana.

Area Director STB Indonesia (Jakarta), Mohamed Firhan Abdul Salam mengatakan, “Kami senang berkolaborasi dengan HiLo melalui acara HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021. Anak-anak muda memiliki kekuatan untuk membentuk sejarah dan kami ingin melibatkan cara berpikir kreatif mereka untuk mendapatkan perspektif yang baru. Di tengah tantangan global ini, selaras dengan semangat brand kami ‘Passion Made Possible’, kami berharap anak-anak muda Indonesia dapat terinspirasi untuk membayangkan kembali seperti apa pariwisata di masa yang akan datang bagi dunia juga Singapura serta menciptakan peluang-peluang yang baru dan membuat bepergian menjadi lebih menyenangkan sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi para pelancong yang terus berkembang. Hal ini merupakan bagian dari esensi inisiatif SingapoReimagine yang kami laksanakan dengan para mitra yang sepaham, untuk membuat Singapura tetap berada di hati dan pikiran masyarakat Indonesia.”
Sementara itu, Mohammad Ikhsan, COO & Co-Founder Pahamify, mengatakan, “Menjadi bagian dalam HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021 merupakan kebanggaan bagi Pahamify karena dapat berkontribusi secara nyata terhadap pengembangan Sumber Daya Manusia yang unggul sejak dini. Kami percaya bahwa tugas ini bukan hanya tanggung jawab orang tua dan sekolah, tetapi juga pemangku kepentingan lainnya di bidang pendidikan, termasuk Pahamify. Dalam case study, kami mengangkat tema ‘Positive Learning Attitude’ karena selaras dengan visi Pahamify yang ingin menumbuhkan kecintaan siswa terhadap belajar. Kami berharap melalui kegiatan ini, anak-anak muda Indonesia semakin terpacu untuk menemukan kebahagiaan dalam belajar dan memiliki pemikiran yang kritis.”

Tema HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021 adalah ‘Creating Inspiring Campaign for Teens’, di mana para peserta berkesempatan memilih tiga pilihan tema menarik untuk kampanye inspiratif mereka, yaitu tentang pentingnya nutrisi dan gaya hidup sehat, sikap belajar positif (positive learning attitude), dan membayangkan ulang perjalanan di masa depan (re-imagining travel in the future).

“Kami melihat ketiga tema kampanye ini memiliki relevansi yang cukup tinggi dengan pelajar SMA dan sederajat di Indonesia. Tidak hanya menambah wawasan mereka, tema ini juga diharapkan dapat mendukung diri mereka dalam mengembangkan diri serta memberikan dampak positif bagi diri mereka sendiri dan lingkungan di sekitar mereka,” tambah Susana.

Program HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021 terdiri dari tiga tahap kompetisi, dengan kriteria penilaian tiap tahap yang berbeda. Tahap pertama adalah tahap belajar mandiri (self-learning) dan workshop virtual, di mana seluruh peserta dari berbagai lokasi di Indonesia berkesempatan belajar tentang design thinking secara virtual serta mendapatkan pemaparan mengenai topik seru yang relevan dengan remaja dari tim HiLo Teen, Singapore Tourism Board, dan Pahamify pada platform Pahamify. Peserta juga ditantang untuk membuat lembar kerja kampanye inspiratif sebagai bentuk latihan design thinking.

Pada tahap kedua, peserta akan diseleksi dan dipilih menjadi 20 kelompok. Ke-20 kelompok akan mengikuti program mentoring bersama kakak-kakak mentor dan realisasi projek seru peserta dalam membuat inspiring campaign for teens. Pada tahap akhir, 10 kelompok terpilih akan melakukan presentasi pitching ide di hadapan dewan juri dan masyarakat umum di YouTube secara Live.

Dari 10 kelompok tersebut, akan dipilih 3 juara dan 1 juara favorit. Harapannya, solusi yang ditawarkan dapat bermanfaat untuk remaja, sesuai dengan masalah yang dihadapi, kreatif, dan kemampuan analisis. Peserta Top 20 hingga para pemenang berkesempatan mendapatkan hadiah dengan total nilai hingga Rp 250.000.000,-.

(red)

Comment