oleh

Melihat Warna-Warni Program Kotaku di Desa Karangsong

RJN, Indramayu – Desa Karangsong, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu mendapatkan program kotaku. Program ini diterapkan dengan berbagai kegiatan yang membuat sarana dan prasarana di desa menjadi lebih menarik dan tidak kumuh.

Sejumlah ruas jalan yang dibeton ditambahkan dengan sejumlah cat warna-warni yang menarik dan unik.

Ketua BKM Amanah Karangsong, Saenudin mengatakan dengan jumlah wilayah keseluruhnya ada empat RW dan terdiri dari enam belas RT dari luas lahan daerah pemukiman yang kumuh 38,48 hektare, program Kotaku mampu menekan angka daerah kumuh di desa Karangsong.

“Untuk pekerjaan dalam Program Kotaku di Desa Karangsong yakni saluran Udicth dan Betonisasi,” kata dia.

Program Kotaku ini disambut baik dan antusias warga setempat. Tokoh masyarakat Desa Karangsong, Darka mengatakan masyarakat berterimakasih kepada pemerintah yang telah merealisasikan program kotaku kota tanpa kumuh.

Udicth dan betonisasi bermanfaat bagi lingkungan. Selain itu, saluran air limbah spall tertata rapih jalan di gang-gang juga menjadi bagus dan mulus.

“Dengan cat warna-warni, gang juga lebih menarik,” kata dia.

  BKM Amanah sendiri terdiri dari KSM-KSM pendukung yakni KSM Bandeng diketui Asmawi,KSM Udang diketuai Musanah dan KSM Bawal diketuai oleh Kadmari.

Sementara itu, Kuwu Karangsong, Duloh kepada tim IJ News mengatakan dengan adanya program kotaku (kota tanpa kumuh), mampu membantu Pemerintah desa untuk mengentaskan kawasan kumuh di desanya.

“Partisipasi masyarakat dalam program ini cukup baik.  Mudah-mudahan yang tersisa dari 20 hektare yang kurang atau belum terserap dari program kotaku, bisa terealisasi tahun depan,” kata dia. Sehingga, Desa Karangsong bebas dari kawasan kumuh.

(red/rjn)

Komentar

News Feed