Komunitas Anak Muda ini Bikin Malu PUPR Kabupaten Cirebon

  • Whatsapp

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Aksi para pemuda di Desa Picungpugur Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon ini tampaknya sangat menginspirasi. Jembatan yang dibangun Dinas PUPR Kabupaten Cirebon yang terlihat usang dan banyak coretan pilok hasil tangan tangan jahil, kembali dicat. Padahal, tugas seperti itu seharusnya dilakukan oleh dinas terkait.

Ketua komunitas yang menamakan Pemuda Picungpugur Berbagi, Yogi (25) mengatakan, jika inisiatif pengecatan jembatan ini murni untuk keindahan lingkungan saja, karena jembatan ini tidak enak dipandang bagi yang melewati maupun oleh masyarakat setempat.

Bacaan Lainnya

“Ini mungkin hal kecil, namun inilah bentuk kepedulian Pemuda Desa Picungpugur khusus pada lingkungan tempat kami bermukim. Teman-teman secara suka rela kerja gotong royong mengecat jembatan yang tadinya dipenuhi coretan pilok agar terlihat indah,” jelasnya saat ditemui awak media, Kamis (12/4).

Yogi melanjutkan, sebelum turun untuk bergotong royong, dirinya mendatangi pihak pemerintah terlebih dahulu, karena jembatan ini milik pemerintah. Dirinya meminta izin terlebih dahulu, dan akhirnya diizinkan. Bahkan Kuwu setempat sangat mengapresiasinya.

“Kami selalu berkoordinasi dengan tokoh masyarakat dan pemerintah setempat. Apalagi kegiatan sosial ini sudah berjalan tiga tahun dengan tema yang beda. Jika tahun-tahun sebelumnya kami mengumpulkan iuran atau hasil tabungan untuk santunan anak-anak yatim dan piatu serta jompo. Sekarang pada tahun ini kami memiliki tema keindahan lingkungan,” terangnya.

Untuk pendanaan, pihaknya meminta seiklasnya dari teman-teman dan donatur yang mau menyisihkan sedikit rezeki, baik itu keuntungan usaha atau menyisihkan dari gaji para pekerja home industri, karena di sini banyak sekali home industri seperti pabrik roti.

“Semoga dari kepedulian para pemuda desa ini bisa memberikan manfaat untuk masyarakat, karena selama ini kami mandiri dalam pendanaan,” pungkasnya.

Sedangkan menurut Kuwu Picungpugur Suryani melalui Sukardi selaku Kaur Umum Desa Picungpugur, dirinya sangat mengapresiasi inisiatif dari generasi muda yang secara suka rela mau bergotong royong dalam kegiatan sosial, baik itu santunan maupun usaha dalam mempercantik fasilitas umum seperti jembatan.

“Semoga niat baik dari generasi muda bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” pungkasnya.(Ymd/RJN)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar

  1. Lho mana poto ato video jembatan yg habis dicatnya bro.???
    Kok ngga ada.???
    Kumaha ieu bikin berita téh.!!!
    Ga jelas ah….