Kabupaten Cirebon Targetkan UNBK 2018 Merata di Tiap Sekolah

oleh -
banner 120x600

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Pemerintah Kabupaten Cirebon menargetkan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) tahun 2018 nanti akan merata di setiap sekolah. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten melalui DPRD Kabupaten Cirebon sudah menyiapkan semuanya dari mulai SMP.

Menurut Komisi IV DPRD Kabupaten Cirebon Bejo Kasiono, tahun 2018 nanti semuanya akan diperlakukan rata. Sekolah-sekolah yang tadinya masih bergabung dalam pelaksanaan UNBK di sekolah lain, akan bisa melaksanakannya secara mandiri di sekolah masing-masing.

“Kita lakukan ini supaya ada persamaan perlakuan. Insya Allah 2018 akan merata semuanya,” jelasnya saat ditemui awak media usai kunjungan ke UPT Puskesmas Sidamulya, Astanajapura, Kabupaten Cirebon hari Kamis (14/12).

Sedangkan untuk permasalahan iuran, Bejo menjelaskan bahwa hal itu adalah kesepakatan yang dilakukan antara wali murid, pihak sekolah, dan komite sekolah. Ada aturannya juga asalkan masih sesuai dengan Permendikbud.

“Yang namanya iuran itu bukan berarti rata, tetapi variatif. Itu berdasarkan keikhlasan dan kemampuan dan tidak ada unsur pemaksaan di situ. Karena, semuanya sudah disepakati saat rapat bersama para wali murid tersebut,” jelasnya.

Lanjut Bejo, dengan adanya iuran tersebut, juga akan kembali untuk dunia pendidikan. Karena, tanggung jawab pendidikan juga sebenarnya bukan hanya dari pemerintah saja, tapi orang tua dan lingkungan juga berperan serta.

“Tanggung jawab pendidikan itu tanggung jawab bersama, keluarga, sekolah, dan pemerintah,” pungkasnya.(Juf/RJN)

Comment