Indonesia Education Forum Gelar Virtual 2nd Annual IDEF

oleh -
banner 120x600

rakyatjabarnews.com, Jakarta – Selama tiga tahun terakhir, Indonesia Education Forum telah berkembang menjadi wadah utama bagi para pelaku industri pendidikan untuk berkumpul, bertukar pikiran, dan mencari solusi untuk meningkatkan sektor pendidikan bangsa dan memastikan bahwa pemuda Indonesia dibekali dengan keterampilan dan pengetahuan untuk menghadapi tantangan masa depan.

Berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tahun ini 2nd Annual Indonesia Education Forum 2021 akan dilaksanakan secara virtual selama dua hari pada Selasa-Rabu, 27-28 April 2021 dengan tema “TRANSFORMING EDUCATION: Fostering Creativity & Critical Thinking”. Saat kita melangkah lebih jauh ke dalam Revolusi Industri ke-4, teknologi akan dimanfaatkan untuk meningkatkan hasil pembelajaran dan menumbuhkan kreativitas yang lebih besar di antara siswa.

“Kami sangat terhormat untuk menghadirkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Nadiem Makarim sebagai pembicara utama dan tamu kehormatan di 2nd Annual Indonesia Education Forum tahun ini. Dengan mengangkat tema Transforming Education: Fostering Creativity & Critical Thinking, tahun ini kami akan fokus terhadap bagaimana pendidikan harus beralih dari fokus pengajaran menuju pembelajaran,” kata Shoeb Kagda selaku Co-Founder Indonesia Education Forum.

“Seperti sektor-sektor lainnya, pendidikan juga telah terdisrupsi oleh pandemi. Bagaimana tenaga pendidik, guru, dan siswa merespon disrupsi dan tatangan yang akan menentukan masa depan bangsa Indonesia,” tambah Shoeb Kagda.

Indonesia Education Forum merupakan platform multi-stakeholder yang mempertemukan semua pelaku pendidikan termasuk pemerintah dan pembuat kebijakan, pendidik, pemimpin bisnis, guru, wirausaha, dan pelajar dari berbagai negara seperti Singapura, Australia, India, Malaysia, dan tak lain, Indonesia.

Bekerja sama dengan AWS Educate, SIS, Microsoft, dan Intel, Annual Indonesia Education Forum 2021 menghadirkan berbagai pembicara utama yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim; Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud RI, Dr. Iwan Syahril; Dirjen Pendidikan Vokasi Kemdikbud RI, Wikan Sakarinto; Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini & Menengah Kemdikbud RI, Jumeri; Founder and Chairman SIS & Inspirasi Group of School, Jaspal Sidhu.

Forum ini akan turut dihadiri oleh para tokoh global seperti Co-Founder Orbit Future Academy, Dr. Ilham A. Habibie; Chairperson BeBras Indonesia NBO, Dr. Inggriani; Country General Manager AWS Indonesia, Gunawan Susanto; Director K-12 Education Microsoft Public Sector Asia Pacific, Dr. Rani Burchmore; dan Senior Education Specialist World Bank dan Lead Author of the ‘The Promise of Education in Indonesia’ Report, Noah Yarrow.

Hari pertama IDEF akan dibuka pada pukul 09.00 WIB oleh Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan topik “The Power of Education to Transform Societies”. Dimana beliau akan berbagi pandangan mengenai bagaimana pendidikan dapat mengubah masyarakat ke arah yang lebih baik.

Selain itu juga akan turut hadir berbagai pembicara dalam panel yang akan mediskusikan mengenai perubahan sistem, budaya dan pola pendidikan, tantangan edukasi di Indonesia, persiapan tenaga kerja, dan bagaimana teknologi dapat membantu dalam segi pendidikan dan perkerjaan.

Pada hari kedua, kami akan menjadi tuan rumah International Youth Forum yang akan menyapa lebih dari 2,000 mahasiswa dan pelajar SMK & SMA di seluruh Indonesia dengan format live forum interaktif. Forum ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru tentang tren dan perkembangan pendidikan tinggi serta memberikan wawasan tentang keterampilan masa depan dan peluang kerja industri bagi lulusan muda.

Sachin Gopalan, Co-Founder Indonesia Education Forum mengatakan bahwa “Saat Indonesia mempersiapkan diri untuk hidup di dunia 4.0, pendekatan 360 derajat diperlukan untuk mempersiapkan kaum muda kita sehingga mereka dapat menemukan jenis pekerjaan yang tepat dengan gaji yang baik. Kami juga perlu mempersiapkan mereka untuk menjadi pencipta lapangan kerja yang sukses,”.

“Membangun sistem pendidikan yang sesuai dan relevan adalah bagaimana suatu bangsa mempersiapkan masa depan cerah yang mereka dambakan,” tambah Sachin Gopalan.

Sejak didirikan pada tahun 2018, Indonesia Education Forum telah menyelenggarakan berbagai forum, roundtable, dan konferensi pemuda untuk menyoroti masalah, tren, tantangan, dan peluang di sektor pendidikan negara dengan berkolaborasi oleh berbagai pihak seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Intel Corp.

Untuk bergabung di acara 2nd Annual Indonesia Education Forum 2021, silahkan klik tautan: Hari pertama – 27 April 2021: https://bit.ly/3uV8oUl
Hari kedua – 28 April 2021: https://bit.ly/3dkCpag

(red)

Comment

No More Posts Available.

No more pages to load.