Hanya Modal Iseng Bikin Karikatur, Kini Raup Omzet 6 Juta Perbulan

oleh -
banner 120x600

RakyatJabarNews.com, Cikarang – Bermula dari jualan online shop untuk tambahan biaya hidup di Bekasi serta membantu perekonomian adik-adiknya. Abdul Aziz berinisiatif berwirausaha jualan Jasa Lukis Digital Printing.

Berawal dari kurang percaya diri dengan hasil karyanya sehingga kemudian tergerak untuk menggambar sendiri dan mengupload di Instagram dengan hastag dan ternyata banyak yang minat dengan hasil karyanya sendiri.

Sekarang sukses menjadi desain karikatur dan mendapat pesanan setiap hari. Awal tahun 2016 @zizkarikatur hampir 1500 follower.

Abdul Aziz pria asal Cirebon tugu dalam kecamatan Harjamukti yang hanya lulusan SMK Islamic Centre, Kab Cirebon Multimedia (MM) sukses dengan hasil karya karikatur.

Jam 3D Custom

“Saya hanya order di teman saya dua kali. Habis itu lewat medsos. Saya bingung mau karena tidak mempunyai modal akhirnya isenglah saya upload di Instagram, saya beri hastag. Malah banyak yang minat dengan hasil karya saya sendiri,” tuturnya

“Sejak itu awal tahun 2016 saya berfikir lebih baik membuat akun IG khusus karikatur. Akhirnya bikinlah @zizkarikatur hampir. Kenapa nama ignya begitu supaya orang gampang mencarinya. Kan orang tahu kalau nyari kado dan lain-lain mesti nyari di kolom pencarian nama produknya. Setiap hari selalu ada yang memesan di kami. Pernah mengirim karikatur ke Surabaya,Bandung Bogor dan Jawa tengah,” imbuhnya

Aziz memanfaatkan ilmu yang didapat sesuai dengan jurusannya . Bakat yang dimilikinya dihasilkan oleh karya karikatur yang mulanya kurang percaya diri, bisa dibilang sukses dan patut dicontoh. Terkadang seseorang ragu dengan keahliannya, padahal bakat itu bisa diasah dan dikembangkan.

“Omsetnya tidak pasti terkadang paling banyak pas bulan wisuda. Kalau pas ramai bisa satu bulan Rp 5-6 juta omset kotornya kepotong biaya frame dan lain-lain. Bisa bersih Rp 4,5 juta kalau pas ramai. Kotornya di bulan biasa rata-rata Rp 2-3 juta dan bersihnya Rp 2 juta. Kalau pas sepi sekali minimal Rp 1 juta tapi jarang,” katanya.

3D Custom Karikatur Frame

Aziz membuat karikatur dengan model yang berbeda sesuai dengan permintaan pelanggan. Orang-orang juga percaya akan karya yang dihasilkan oleh Aziz sehingga banyak yang memesannya terutama di Cikarang ataupun Bekasi Kota. Pemesanan juga langsung dikirim dari Cikarang. Harga yang dipasarkan juga tidak terlalu mahal sesuai dengan nama brand yang dipakainya.

“Model lukisan digital 1 kepala 100k free frame, 2 kepala 150k free frame, semua bebas tema ukuran 25×35 (10RS), ukuran 35×45 harga 1 kepala 160k, harga 2 kepala 190k, ukuran 40×60 harga 300k semua sudah frame. Karikatur digital soffile 50k, cetak+frame+soffile harga 70.000 nambah @kepala 5 ribu bebas requet baground ukuran 25×35 (frame),” katanya.

3D Custom Couple

Aziz memberikan tips membuat bisnis berbeda dan inovasi yang ditonjolkan dari karyanya yaitu promosi dan pasar harus dikuasai, komitmen dan tidak mudah puas, menggunakan kantong plastik dengan logo dari usahanya, selain logo kantong juga beri stempel di bagian belakang lukisan supaya banyak yang mengenal usaha tersebut.(juf/RJN)

Comment