oleh

Hadapi Banjir di Musim Penghujan Edi Suheadi Rutin Normalisasi

RJN, Cirebon – Hanya sedikit Desa yang sudah siap menghadapi problem utama dikala musim penghujan datang, salah satunya Desa Buntet Kecamatan Astana Japura Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat sudah memilik agenda rutin menghadapi banjir kiriman.

Sudah menjadi agenda rutin kami melakukan normalisasi saluran setiap tahun dengan melibatkan warga lokal agar ada rasa tanggung jawab dari masyarakat dengan menjaga saluran air tetap bersih.

“Untuk mencegah luapan air pada musim hujan, solusi dari kami dengan cara melakukan normalisasi saluran secara rutin, tepatnya sejak saya memimpin Pemerintahan disini dan sengaja kami anggarkan untuk normalisasi setiap tahunnya,” ungkapnya kepada rakyatjabarnews.com saat ditemui dalam pelaksanaan normalisasi saluran di Desa Buntet, Rabu (7/11/2018).

Kuwu Edi menambahka, problem banjir tidak hanya kiriman dari sungai saja, namun meluapnya air hujan lebih diakibatkan infrastructure saluran yang ada sekarang tepatnya di Tol Palikanci, namun pihak pemerintah Desa tidak menyalahkan pihak Kementerian PUPR atau Badan Pengelola Jalan Tol karena saluran yang ada sekarang tidak muncul dalam Peta Nasional kala itu.

“Kalau intensitas hujannya tinggi maka otomotasi saluran tidak mampu menpung debit air, karena saluran air di Tol tidak terlalu besar, walupun begitu banjir didaerah kami akan segera surut.”

Kuwu Edi berharap setelah menormalisasi saluran masyarakat juga membantu dengan cara tidak membuang sampah ke dalam saluran agar air tetap bisa mengalir tanpa tersumbat sampah, ujarnya.(ymd/rjn)

Komentar

News Feed