oleh

Diskusi Semalam, Rujuk Bahas Masa Depan Olahraga Kota Bekasi

RJN, Bekasi -.Pengamat Olahraga, Akmal Marhali mengkritisi pandangan para stakeholder olahraga terkait dengan prestasi atlet dikaitkan dengan bonus uang.

Dirinya menyatakan bahwa tidak melulu persoalan prestasi olahraga harus dikaitkan dengan bonus atlet berupa uang dan juga fasilitas lainnya. Hal ini pun sempat ia sampaikan kepada Menteri Olahraga agar setiap daerah dapat membangun industri olahraga.

“Beberapa hal yang saya catat prestasi ada emas ada duit, bonus 100 juta dalam 1 hari bisa habis, sejatinya tanggung jawab pemerintah juga menyediakan fasilitas infrastruktur atau sarana prasarana olahraga, industri olahraga juga harus dikembangkan di Bekasi,” ujar Akmal dalam acara Bincang Santai Rukun Jurnalis Bekasi, Kamis, (6/12/2019).

Selain itu, Akmal menyarankan Kota Bekasi untuk mencontoh negara Jerman jika ingin mengembangkan industri dunia olahraga secara lebih dalam.

“Pemerintah harus membuat fasilitas dan maksimalkan entrepreneurship keolahragaan agar menghasilkan, kita harus contoh Jerman, mereka luar biasa dalam memaksimalkan fasilitas olahraga, 25 persen masyarakat Jerman aktif berolahraga atau sekitar 28 juta orang,” tambah Akmal.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bekasi, Tedi Hafni menyatakan bahwa memang dalam waktu dekat Kota Bekasi akan menggandeng perusahaan swasta untuk mengembangkan fasilitas olahraga.

Salah satunya, kata dia, dengan mengadakan unsur olahraga kemasyakatan, pembinaan olahraga kreatifitas dan pembinaan olahraga berpreatasi.

“Tentunya pembinaan olahraga tidak bisa berdiri sendiri, harus ada unsur kerjasama semua lapisan, baik pemerintah, DPRD, dan Polri. Sehingga apa yang kita cita-citakan bukan omongan saja,” kata dia.

Selain itu, pemerintah sambung dia, sedang mengupayakan untuk membangun sarana sejumlah cabang olahraga di Kota Bekasi.

“Kita akan menggandeng pihak ketiga atau CSR untuk membangun sarana dan prasarana sejumlah cabang olahraga, dan mudah-mudahan semuanya dapat terealisasi,” tandasnya.

Untuk diketahui, adapun kegiatan Bincang Santai diselenggaran oleh Rukun Jurnalis Bekasi (Rujuk) di Hutan Kota Alun-Alun Kota Bekasi, Kamis (6/12/2018) malam.

Bincang santai dengan tema “Masa Depan Olahraga Kota Bekasi” ini dihadiri juga oleh Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bekasi Abdul Rosyad Irwan, Anggota DPRD Kota Bekasi Abdul Muin Hafied, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Tedi Hafni dan Pemerhati Olahraga Akmal Marhali.(ziz/rjn)

Komentar

News Feed