Yayat Sumiyati Alami Obesitas

oleh -

RJN, Cirebon – Sejak jatuh di sekitar 6 bulan yang lalu disekitar kediamannya, Yayat Sumiyati 47 Tahun Ibu rumah tangga warga Blok Awiluar Desa Sindangkempeng Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat mengeluh sakit pads bagian kaki, punggung dan sesak napas.

Tidak banyak bergerak selama 6 bulan, Yayat mengalami kenaikan berat badan yang cukup menakjubkan yakni Berat badan yang sebelumnya sudah mencapai 170 kilogram namun saat ini berat badannya mencapai 183 kg.

Saat ditemui di kediamannya Yayat menuruturkan sesaat setelah jatuh dirinya sempat berobat ke Puskesmas namun tidak bisa berjalan dan dari mulai saat itu kondisi tubuhnya semakin besar sampai sekarang.

“Selama 6 bulan ini sering meraskan sakit di bagian kaki dan punggung serta sesak nafas”. Keluh Yayat kepada rakyatjabarnews.com, Selasa (22/1/2019).

Sedangkan menurut Kepala Puskesmas Greged (Red.Puskesmas Kamarang) dari hasil pengecekan kesehatan Nyonya Yayat Sumiyati mempunyai asam urat yang tinggi selain itu ada indikasi adanya kelainan metabolik yang diderita Nyonya Yayat. Ungkapnya dr. Eli Toyibah Kepala Puskesmas Kamarang.

Ditambahkan Camat Greged, Ikin Asikin setelah adanya laporan pihaknya langsung meninjau ke rumah Sumiyati bersama Kuwu Sindangkempeng dan jajaran puskesmas.

“Kita bantu Ibu Yayat dari sisi administrasi, karena belum memiliki KTP makanya kita lakukan perekaman dan sidik jari dan kami keluarkan berkas keterangan agar mudah dalam proses penanganan lanjutan di rumah sakit, “ujarnya.

Penanganan sudah dilakukan oleh pemdes pem kecamatan dan puskesmas kamarang, Pasien langsung di rujuk ke RS Waled , setelah diperiksa oleh pihak puskesmas dan mengurus identitas diri seperti perekaman KTP penimbangan berat badan di kantor kecamatan greged.

Sementara camat greged ikin Asikin mengatakan Dan langsung membawa ke kecamatan untuk mengurus identitas diri selanjutnya di bawa ke rumah sakit umum daerah Waled untuk penanganan lebih lanjut.

Sementara itu, Mulyadi Kuwu Sindangkempeng menerangkan warga yang mengalami sakit dan perlu pengobatan maka pihak pemdes akan membantu mengantarkan ke Rumah Sakit Waled.

“Sudah kami bantu semampunya yang penting ditangani dulu, untuk BPJS dan lain lain diusahakan pihak pemdes, “jelasnya.

Ibu Yayat Sumiyati langsung dirujuk ke RS. Waled untuk mendapatkan penanganan dan pemeriksaan lanjutan, “tutupnya.(ymd/rjn)

Berita Rekomendasi

Comment