, , ,

Turun Kejalan, FORKOCI Ikut Ramaikan Tradisi Pesta Nadra Gunungjati dan Sedekah Bumi

oleh -
Foto: Forum Kerukunan Komunitas Cirebon (FORKOCI) ikut serta meramaikan Festival Tradisi Nadran Gunungjati dan Sedekah Bumi kembali akan digelar di Desa Astana Kecamatan Gunung Jati,

RJN, Cirebon – Forum Kerukunan Komunitas Cirebon (FORKOCI) ikut serta meramaikan Festival Tradisi Nadran Gunungjati dan Sedekah Bumi kembali akan digelar di Desa Astana Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon. Rencananya, agenda tradisional tahunan ini dilaksanakan pada Minggu (14/9/2019).

Anto Lumintu selaku Sekjen FORKOCI mengatakan, kegiatan yang di helat, mulai dari 13-18 September 2019. Tapi arak-arakan sedekah Bumi dan Nadran dilaksanakan 14 September 2019 dengan arak-arakan di Desa Astana Gunung Jati di Blok Condong Kecamatan Gunungjati. masuk sebagai agenda Kementerian Pariwisata RI tersebut, dihadiri puluhan ribu pengunjung dan banyak orang penting Mulai dari perwakilan pusat, provinsi hingga kabupaten.

Menrutunya, ini sebuah event tahunan yang ditunggu tunggu oleh masyarakat wilayah 3 cirebon Tradisi Nadran Gunungjati dan Sedekah Bumi, kata dia, ini event budaya yang banyak sekali diminati oleah para pengunjung baik kalangan masyarakat cirebon itu sendiri ataupun dari luar cirebon,” ujarnya.

“Untuk acara sedekah bumi, rencananya akan dimulai Sabtu pagi di Sungai Condong, dengan membawa hasil pertanian dan kepala kerbau sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil laut dan pertanian.”

menurutnya, sedekah bumi dan Nadran Gunungjati di Desa Astana adalah kegiatan rutin tahunan di Makam Sunan Gunung Jati. Bahkan melakukan kunjungan pula ke daerah Muarajati atau pesisir utara Kabupaten Cirebon,

Apalagi selain ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati juga ada acara karnaval atau biasa dikenal ider-ideran. Ider-ideran ini akan dimulai dari Desa Astana hingga Kerucuk, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon. Karenanya, diperkirakan  ada ratusan lebih ider-ideran dan masyarakat akan tumpah ruah menyaksikan tradisi ini tiap tahun.

Hal ini disampaikan oleh anak-anak Forkoci , acara ini sudah masuk agenda nasional, bisa dibilang ini festival paling meriah, karena jumlah pengunjung yang datang bisa puluhan ribu dan datang dari segala penjuru wilayah di Kabupaten Cirebon dan juga dari luar kota, “bebernya.

” Datang dari segala penjuru wilayah di Kabupaten Cirebon dan juga dari luar kota”.

FORKOCI sebagai sebuah organisasi pemuda dan kemasyarakatan sangat mendukung event dengan ikut serta menjadi peserta dalam acara yang disebut nadranan, “jelasnya.

“Sebagai sebuah wujud dari pelaksanaan misi organisasi yaitu mendukung kelestarian dan ketahanan budaya sebagai penunjang dalam kegiatan budaya dan pariwisata, Sehingga apa yang menjadi visi FORKOCI menjadikan cirebon sebagai destinasi wisata baik lokal maupun mancanegara perlahan tapi pasti akan terwujud, “tutupnya.

(gie/rjn)

Comment

No More Posts Available.

No more pages to load.