Titi Masrifahati: Proyeksikan 3 Wilayah Percontohan Smartcity

  • Whatsapp
Kepala Diskominfostandi, Titi Masrifahati

RakyatJabarNews.com, Bekasi – Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) Kota Bekasi memproyeksikan tiga wilayah, yakni Kelurahan Margahayu, Kelurahan Margajaya, serta Kecamatan Medan Satria sebagai kawasan percontohan smartcity Kota Bekasi.

“Smartcity itu harus digarap dengan masif, baik terhadap pembangunan infrastruktur, kebijakan, kemudian esensinya entah pada IT atau manusianya. Mengacu itu kita jadikan dua kawasan ini sebagai pilot project,” kata Kepala Diskominfostandi, Titi Masrifahati, Kamis (2/8/2018).

Bacaan Lainnya

Implementasi kawasan smartcity dilakukan dengan menerapkan sejumlah aplikasi yang menghubungkan antara pemerintah dengan warga. Antara lain, SiTiktik Jumantik untuk pemetaan kepadatan nyamuk di Kota Bekasi, Raport RT/RW untuk pelaporan dan pengarsipan RT/RW setempat, serta SiPaten untuk mengakses layanan terpadu di kecamatan.

Menurut Titi, usaha ini mampu mendekatkan masyarakat dengan teknologi sebagaimana konsepsi smartcity yang dihuni oleh smart people.

“Kita meluncurkan kawasan smartcity itu untuk masyarakat. Dan prinsipnya semua persoalan daerah tidak hanya bisa diselesaikan oleh pemerintah, persoalan itu bisa diselesaikan juga oleh warga sendiri,” katanya.

“Kita mencanangkan aplikasi yang sekiranya bisa mengcover kebutuhan wilayah. Pertama aplikasinya yang mudah, sederhana, kedua pasti digunakan oleh masyarakat, ketiga dapat memberikan laporan atau masukan kepada SKPD terkait untuk kebijakan yang akan datang,” kata Titi.(izi/RJN)

Pos terkait

Comment