Tingkatkan Budaya Literasi, Kolecer Kuningan Gelar Bedah Buku

  • Whatsapp

RJN, Kuningan – Sekitar 80 peserta baik dari pelajar maupun umum mengikuti acara bedah buku yang digagas Kotak Literasi Cerdas (Kolecer) Kabupaten Kuningan di Aula Masjid Syiarul Islam. Agenda bedah buku ini bertujuan untuk mendorong budaya literasi, sekaligus melahirkan generasi-generasi muda yang handal menulis buku.

“Ini merupakan agenda bedah buku ketiga kalinya. Kita rutin mengadakan bedah buku di Aula Masjid Syiarul Islam Kuningan setiap bulan pada minggu pertama dan minggu kedua,” kata Pengelola Kolecer Masjid Syiarul Islam Kuningan, Jaenal Mutakin atau akrab disapa Kang Zeze, Senin (17/6/2019).

Dia menginginkan, bedah buku yang digagas Kolecer Kuningan ini dapat mengangkat dan menumbuhkan para penulis baru, agar dapat menciptakan karyanya dalam sebuah buku. Sehingga para penulis buku dari Kabupaten Kuningan dapat dikenal secara luas di Jawa Barat hingga nasional.

“Bedah buku yang ketiga ini kita coba angkat penulis muda asal Kuningan yakni Candrika Adhiyasa dengan karyanya berjudul Novel Gurattala. Penulis ini sudah banyak melahirkan karya-karya buku, nah kesempatan ini kita coba bedah buku salah satunya novel terbaiknya,” ujarnya.

Pihaknya menyampaikan, rasa terimakasih kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kuningan dan DKM Syiarul Islam Kuningan, yang telah mendukung acara bedah buku Novel Gurattala karya Candrika Adhiyasa. Semoga kegiatan Kolecer di Kuningan bisa menginspirasi masyarakat di Jawa Barat, khususnya di Kabupaten Kuningan.

“Kolecer merupakan sebuah inovasi perpustakaan mini terinspirasi dari kotak telepon di Inggris, yang bisa memuat 80 buku dengan tujuan sebagai wadah masyarakat Jawa Barat yang sulit mengakses ke perpustakaan umum. Kolecer ini nantinya akan ditempatkan di ruang publik baik di taman terbuka atau di jalan,” jelasnya.

Dia menyebut, bahwa Kolecer merupakan street library. Sebab masyarakat tak harus datang ke perpustakaan, namun perpustakaan yang mendekat kepada masyarakat. Kegiatan ini juga mengajak masyarakat untuk menyalurkan dan menghibahkan buku-buku miliknya, dan ditempatkan secara langsung di Kolecer sehingga bisa dibaca masyarakat luas.

Dalam kesempatan itu, Kolecer Kuningan juga memberikan penghargaan terhadap peserta bedah buku. Sejumlah peserta yang diapresiasi yakni Klub Buku SMP 1 Kuningan, Forum Lingkar Pena Kuningan, Forum Anak Kuningan, Forum OSIS Kuningan, Kocibaku (Komunitas Cinta Baca Buku Kuningan), Duta Baca Kuningan, Duta Perpustakaan Jawa Barat, Remaja Masjid Syiarul Islam, DKC Pramuka Kuningan, dan Sahabat Gol A Gong Kuningan. 

(dri/rjn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *