Sisik Melik, Outlet Batik Banyuwangi Kini Hadir Di Cirebon

oleh -
banner 120x600

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Kesenian batik memang sudah menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Begitu banyak macam batik dari berbagai daerah. Seperti batik yang berasal dari Banyuwangi. Dan kini, masyarakat Kota Cirebon dan sekitarnya yang menggemari batik Nusantara tak usah jauh-jauh ke Banyuwangi. Karena kini hadir Sisik Melik Batik Galllery, sebuah outlet batik khas Banyuwangi yang bertempat di Umah Kebon Metland Hotel, Jl. Siliwangi Kota Cirebon.

Adi Kurniawan selaku bagian produksi dan pengembangan Sisik Melik ini menjelaskan, pihaknya membuka outlet di Cirebon karena Cirebon adalah kota yang memiliki sejarah, budaya, dan kesenian yang bernilai tinggi. Selain itu, Cirebon juga memiliki potensi bisnis yang cukup tinggi, mengingat posisinya yang strategis.

“Outlet yang di Cirebon ini merupakan outlet yang kelima setelah Banyuwangi, Rogojampi, Muncar, dan Jember,” jelasnya saat ditemui RakyatJabarNews.com di Metland Hotel, Rabu (6/12).

Menurut Adi, outlet yang ada di Cirebon ini baru soft launching saja. Sedangkan grand opening akan diadakan tanggal 6 Januari 2018 mendatang dengan mengadakan fashion show di Metland Hotel. Selain itu, akan ditampilkan juga Singa Barong yang sarat akan budaya.

Adi menambahkan, nama Sisik Melik diambil dari bahasa Banyuwangi yang berarti kembang desa. Outlet batik ini sebenarnya milik adiknya bernama Miftahul Ridho, dan sudah berdiri sejak 5 tahun yang lalu.

Di Banyuwangi sendiri terdapat 45 macam batik khas. Untuk yang diboyong ke outlet Cirebon ini, Adi menjelaskan kalau hanya terdapat 25% saja dari total batik Banyuwangi. Hal itu dikarenakan kendala jalur transportasi yang terkena bencana alam.

“Yang kami sediakan di outlet ini ada yang berupa kainnya saja atau ready to wear (siap pakai) seperti baju dan lain-lain,” jelasnya.

Adi mengaku, butuh perlakuan khusus untuk perawatan batik tulis. Sebab, lama-kelamaan warnanya akan luntur. Sehingga, tidak boleh terkena panas matahari.

“Harga batik di sini berkisar Rp 100.000 hingga jutaan rupiah, tergantung jenis bahan dan motifnya,” pungkasnya.(Juf/RJN)

Comment