Putri Azahra Penulis Novel Bertajuk “IPA&IPS” Berhasil Raih 6 Juta Pembaca

  • Whatsapp

RakyataJabarNews.com, Bandung – Kebiasaan Curhat di diary sejak kelas 2 sekolah dasar (SD) membawa Putri Azahra Haryanto/ Chachaii (14) menjadi seorang penulis novel yang menghasilkan banyak rupiah.

Putri dari pasangan Cepi Haryanto dan Sopi Avianti ini bahkan sudah menerbitkan novel bertajuk ‘IPA&IPS’. Sebelum dilirik penerbit, novel karyanya itu dipampang di Wattpad dan berhasil meraih hingga 6 juta pembaca.

Siswi kelas III SMP Al Irsyad ini mengaku, karya itu dibuat dengan niat iseng-iseng saja dan hanya menuangkan hobinya menulis di Wattpad. Di luar dugaannya, novel yang menceritakan kisah anak SMA jurusan IPA dan IPS itu sangat disukai.

“Awalnya iseng aja menulis. Isi tulisannya sebetulnya cerita dari kawan-kawan senior aku yang baru masuk SMA dan aku curahkan dalam sebuah cerita. Alhamdulillah banyak yang baca dan suka,” kata Putri saat di temui di kediamannya di Guruminda, Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (18/10/2017).

Terinspirasi dari buku cerita remaja karya Wulan Padi dan lainnya, Putri terus mengembangkan bakatnya menulis meski melalui media Wattpad. Alhasil, Putri menjelma menjadi penulis betulan dan sudah berhasil meraih hati para pembaca.

Selain novel IPA&IPS, Putri pun masih menulis tiga karya lainnya, yakni novel berjudul Backstreet, Relationshit dan Rifaldino yang siap mewarnai karya-karya novelis lainnya.

“Dulu waktu kecil sempat curhat ke sesama teman, tetapi akhirnya orang tahu juga. Mulai dari situ aku curhatnya ke diary, dan kebiasaan itu berlanjut sampai sekarang. Bedanya sekarang lebih terarah ke nulis di Wattpad,” tutur dia.

Siswi yang ingin seperti Errelie ini berharap novel karyanya itu berkenan di hati pembaca dan dia bisa terus berkarya. Bahkan jika ada kesempatan, dirinya berharap karyanya bisa tampilkan secara visual melalui sebuah cerita film.

“Semoga suka aja bagi yang sudah baca, dan yang belum baca boleh coba,” kata dia.

Selain bercerita hobinya menulis, Putri pun berbagi tips agar tulisannya berisi dan menarik dibaca, yakni harus dikerjakan dengan serius, dibuat scene adegan yang menarik.

“Intinya jangan sedekar iseng, tapi harus ada lebihnya, Insa Alloh hasilnya lebih,” pungkasnya.(asp/RJN)

penasaran dengan novel karya anak SMP ini, silahkan datang ke Gramedia

Pos terkait

Comment