Pj. Bupati Bekasi Rakor Penguatan Solidaritas Penanganan Covid-19 Secara Virtual

oleh -
banner 120x600

rakyatjabarnews.com, Bekasi – Pj. Bupati Bekasi, Dani Ramdan, mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Penguatan Solidaritas Penanganan Covid-19 secara virtual, yang bertempat di Command Center Diskominfosantik, Cikarang Pusat, Kamis (19/8).

Rakor yang mengangkat tema Penguatan Solidaritas Penanganan Covid-19 ini, dibuka langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK RI), Muhadjir Effendy, dan diikuti oleh sejumlah Menteri Kabinet RI, serta seluruh Kepala Daerah, Wakil Kepala Daerah dan Forkopimda se-Indonesia. Sementara itu, Pj. Bupati Bekasi didampingi oleh Kapolres Metro Bekasi Hendra Gunawan serta Kepala Perangkat Daerah terkait lainnya.

Dalam pembahasan mengenai upaya penanganan Covid-19 di Kabupaten Bekasi, Pj. Bupati Bekasi mengatakan bahwa langkah yang saat ini sedang dilakukan yakni memperketat penerapan protokol kesehatan dengan menggencarkan Testing, Tracing, dan Treatment (3T). Karena, Kabupaten Bekasi termasuk dalam kategori wilayah yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4.

Dirinya menyatakan, pihaknya telah melakukan pendisiplinan terhadap protokol kesehatan dan memperhatikan lebih jauh mengenai 3T, untuk menekan angka penyebaran kasus Covid-19 di Kabupaten Bekasi.

“Saya sudah instruksikan semua Camat dibantu dengan LO dan Kepala Dinas untuk mendorong laju tracingnya serta treatment akan lebih ditingkatkan, agar angka kesembuhan Covid-19 naik,” ujarnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Menko PMK menyampaikan bahwa rakor tersebut bertujuan untuk mengkoordinasikan kembali gerakan solidaritas dan kedermawanan penanganan Covid-19 beserta dampaknya.

“Rakor ini juga untuk memperkuat dan mengevaluasi  penanganan Covid, mulai dari pusat sampai ditingkat paling bawah, percepatan penyaluran bansos di daerah, memonitoring pelaksanaan vaksinasi, serta memberikan apresiasi terhadap semua pihak yang telah bekerja dalam penanganan Covid-19 ini,” tuturnya.

Dalam arahannya, Menko PMK mengatakan terdapat empat poin dari gerakan solidaritas nasional penanganan Covid-19, salah satunya dengan percepatan penyaluran program perlindungan sosial untuk masyarakat, yang meliputi Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa, Bantuan untuk usaha mikro kecil, Subsidi Listrik, Kartu Sembako, Subsidi Kuota Internet, Kartu Prakerja, dan Bantuan Beras Bulog.

(red)

 

Comment