Peringati Hardiknas, TK -SMA Cirebon Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan

  • Whatsapp
Tabur Bunga

RJN, Cirebon – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, sejumlah siswa TK hingga SMA di Kota Cirebon melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kesenden, Kota Cirebon, pada Selasa (30/4/2019). Upacara tersebut dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Asep Dedi, dan diikuti oleh jajaran Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon.

Menurut Sekda Kota Cirebon, Asep Dedi, tabur bunga ke taman makam pahlawan ini bisa dijadikan introspeksi. Karena selain untuk mengenang jasa-jasa pahlawan dalam merebut kemerdekaan, generasi penerus juga dituntut untuk bisa mengisi kemerdekaan yang sudah diraih dengan penuh perjuangan.

Bacaan Lainnya

“Tentunya, dengan kegiatan yang bermanfaat,” jelasnya.

Untuk itu, lanjutnya, Asep menyambut baik diikutsertakannya siswa mulai tingkat TK hingga SMA dalam upacara tabur bunga tersebut. Karena, mereka adalah generasi penerus. Calon pemimpin di masa yang akan datang.

“Generasi muda juga bisa diingatkan untuk selalu berjuang. Karena berjuang saat ini bukan lagi merebut kemerdekaan, namun bagaimana mengisinya dengan kegiatan yang bermanfaat,” tuturnya.

Sementara menurut Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon, Jaja Sulaeman, jika tema peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei tahun ini yaitu ‘menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan’, khususnya untuk penguatan pendidikan berkarakter yang menjadi ikon dunia pendidikan saat ini.

“Pendidikan berkarakter menjadi ikon pendidikan di Indonesia saat ini,” tuturnya.

Jaja melanjutkan, kegiatan tabur bunga ke taman makam pahlawan juga dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Karena atas perjuangan mereka, Indonesia berhasil terbebas dari penjajahan.

“Saya ingin agar perjuangan itu diketahui oleh anak-anak, generasi penerus bangsa. Sehingga mereka akan mensyukuri kemerdekaan ini dan mengisinya dengan kegiatan yang bermanfaat,” pungkasnya.

(pri/rjn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *