Pemkot Cirebon Bekerja Sama dengan PT Pelindo II Cirebon Gelar Penanaman Pohon

oleh -

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Pemerintah Kota Cirebon bekerja sama dengan PT Pelindo II (Persero) Cirebon dalam melaksanakan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) yang bertempat di Taman Kehati Kebon Pelok, Harjamukti, Kota Cirebon hari Sabtu (2/12). Kegiatan ini juga sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun PT Pelindo II yang ke-25.

Dalam kegiatan tersebut, hadir jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kota Cirebon, organisasi masyarakat, serta siswa-siswi sekolah. Semuanya tampak menikmati acara penanaman pohon ini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon Abdullah Syukur mengatakan, kegiatan ini juga adalah salah satu solusi untuk menyediakan ruang terbuka hijau dan ketersediaan oksigen di Kota Cirebon. Sebab, ruang yang tersedia masih sekitar 10 hektar, dari target 25 hektar.

“Kita memahami bahwa hektar di Cirebon ini masih kurang, dengan target sekitar 25 hektar untuk ruang terbuka hijau seperti ini,” jelasnya saat ditemui awak media.

Syukur manambahkan, respon dari PT Pelindo II sangat bagus untuk kegiatan ini. Terdapat 450 pohon yang ditanam dalam area tersebut, dengan terdapat tiga macam tanaman endemik khas Cirebon, yakni pohon kecapi, gayam, dan Jamblang.

“Nanti ke depannya, PT Pelindo II akan membantu untuk menanam 1000 macam pohon lagi. Insya Allah akan dikembangkan di wilayah selatan Harjamukti. Saya juga mengimbau kepada masyarakat agar gemar menanam pohon,” terangnya.

Sedangkan menurut General Manager PT Pelindo II Solihin, pihaknya menyatakan terima kasih atas kerja samanya dengan Pemerintah Kota Cirebon atas terselenggaranya kegiatan ini, dan juga sekaligus memperingati HUT PT Pelindo II ke-25 yang jatuh pada tanggal 1 Desember kemarin. Dia berharap ke depannya akan lebih bersinkron dengan Pemerintah Kota Cirebon.

“Semoga tahun depan disiapkan event yang lebih besar lagi,” pungkasnya.

Selain penanaman pohon, juga dilakukan peresmian taman bermain anak-anak atau Playground yang letaknya masih satu area dengan penanaman pohon. Peresmian ditandai dengan dilepasnya beberapa balon ke udara.(Juf/RJN)

Comment