Pemkot Bandung Harus Pastikan 256 Km Anak Sungai Citarum tak Bersampah

oleh -
banner 120x600

RakyatJabarNews.com, Bandung – Kota Bandung mendapat tugas untuk memastikan 265 kilometer anak sungai yang ada di Kota Bandung tidak menjadi penyebab tercemarnya Sungai Citarum. Jaringan anak sungai dan subdaerah aliran sungai ini termasuk bagian dalam program penataan menyeluruh Sungai Citarum yang dikomandoi pemerintah pusat.

“Tugas kita (Kota Bandung) menjamin sungai-sungai di Bandung yang mengalir ke Sungai Citarum agar tidak ada sampah dan limbah,” ujar Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung Sopyan Hernadi, di Balai Kota Bandung, Kamis, 18 Januari 2018.

Sopyan menuturkan, total panjang aliran sungai di Kota Bandung bisa mencapai 265 kilometer. Jika dibandingkan dengan permasalahan jaringan sungai di kota dan kabupaten tetangga, kata Sopyan, Kota Bandung sepintas masih relatif ringan. Di Bandung tidak banyak ditemukan limbah pabrik, lahan pertanian, atau sedimentasi dan erosi.

Meski begitu, Kota Bandung dihadapkan masalah permukiman padat di bantaran sungai. Persoalan yang muncul dipicu oleh limbah, sanitasi, serta sampah yang dibuang ke aliran selokan dan sungai.

Selama ini, strategi pengurangan limbah dan sampah domestik baru sekadar peneguran dan sanksi sosial. Ke depan, kata Sopyan, tengah dirancang penegakan hukum.(RJN)

Comment