Pemkab Bekasi Menerima Bantuan Alat dan Mesin Pertanian

  • Whatsapp

RJN, Karawang – Pemerintah Kabupaten Karawang menerima bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) dari Kementerian Pertanian melalui aspirasi dari anggota DPR-RI H. Dedi Mulyadi S.H yang juga Wakil Ketua IV DPR-RI di Desa Rawagempol Kecamatan Cilamaya Wetan, Rabu 2 September 2020.

Penerimaan secara simbolis diterima oleh Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana dan disaksikan oleh Kepala Dinas Pertanian, Hanafi serta unsur Muspika Kecamatan Cilamaya Wetan.

Bacaan Lainnya

Bantuan alsintan melalui aspirasi Kang Dedi yakni 6 unit combine halvester yang berharga per unit Rp. 400 juta, traktor roda empat sebanyak 7 unit, traktor roda dua sebanyak 9 unit.

Bantuan tersebut diberikan kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kecamatan Cilamaya Wetan. Bupati Cellica berharap, bantuan tersebut dapat meningkatkan semangat serta memudahkan para petani yang menjadi pahlawan ketahanan pangan nasional.

Dijelaskan Bupati, Kabupaten Karawang berada dalam peringkat kedua sebagai produsen beras se-Indonesia, dengan produksi pada 2019 lalu sebanyak 1,1 juta ton GKP. Hanya kalah dari Kabupaten Indramayu.

“Target kami sebenarnya 1,3 juta ton GKP. Namun karena ada kemarau yang panjang tercapai 1,1 juta ton. Tapi Insya Allah kami bisa membantu negara untuk menyediakan dan menjadi produsen untuk ketahanan pangan nasional,” kata Bupati.

Sementara, anggota DPR-RI Dedi Mulyadi berharap, adanya bantuan alsintan ini bisa para pemuda di Karawang semakin tertarik. Karena proses bertani dengan alat-alat canggih dan memanfaatkan teknologi. Menurutnya, minat para pemuda, tak hanya di Karawang, untuk berprofesi sebagai petani nampak kurang.

“Kita harus ada regenerasi. Perlu kita ketahui, penyelamat ekonomi saat ini ketahanan pangan. Petani adalah pahlawan bagi negara,” katanya.

Bantuan tak hanya berupa alsintan, dalam kesempatan itu juga warga Kecamatan Cilamaya Wetan mendapatkan 1.000 bibit pohon kelapa. Ada bantuan sebanyak 10 ribu bibit pohon kelapa yang nantinya disebar ke beberapa daerah di Karawang.

(ziz/rjn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *