Pasca Terjadinya Gangguan Tranmisi, PLN Bekasi Himbau Pelaku Industri Beralih ke Generator

Avatar photo

- Redaksi

Kamis, 6 September 2018 - 13:39 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

RJN, Bekasi – Pasca terjadinya gangguan transmisi Jawa – Madura – Bali pada Rabu (05/09) kemarin yang dirasakan dampaknya hingga Wilayah Bekasi Jawa Barat, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Bekasi meminta kepada pelaku industri untuk menyiasati agar beralih dengan penggunaan generator set (genset).

“Kami mengimbau para pengusaha di kawasan industri di Bekasi untuk sementara beralih pada penggunaan genset agar kebutuhan suplai listrik bagi pelanggan rumah tangga bisa berjalan stabil,” harap Manager Area PT PLN Bekasi Renny Wahyu Setiaswan, Kamis (06/09).

Menurut Renny, gangguan suplai listrik pada transmisi Jawa-Madura-Bali yang terjadi pada Rabu (5/9) kemarin, sekitar pukul 12.00 WIB berimbas pada pengurangan suplai daya pada pelayanan pelanggan di Kota Bekasi dan
Kabupaten Bekasi.

ADVERTISEMENT

ads"/ https://rakyatjabarnews.com/wp-content/uploads/2024/07/IMG-20240720-WA0020.jpg

SCROLL TO RESUME CONTENT

Untuk di wilayah tersebut, lanjut Renny, terimbas pengurangan daya listrik sebesar 96 MW dari total beban puncak kebutuhan listrik mencapai 1.300 MW, atau setara kurang dari 10 persen.

Renny mengatakan, gangguan suplai daya listrik pada transmisi Jawa-Madura-Bali lantaran padamnya 12 unit pembangkit, dan sebanyak delapan di antaranya berlokasi di pulau Jawa dan empat di wilayah
Bali.

Baca Juga :  Raih Pendanaan Lahan Rp2,52 Triliun, Jasa Marga Siap Percepat Pembangunan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi

“Saat ini tinggal empat unit pembangkit daya listrik yang sedang dalam tahap pemulihan di wilayah Paiton, Probolonggo, Jawa timur. Sisanya sudah pulih sejak Rabu (5/9) pukul 23.00 WIB,” katanya.

Menurut Renny, imbas gangguan listrik di wilayah Bekasi relatif kecil, yakni kurang dari 10 persen berkat peran sejumlah pelaku industri di wilayah setempat yang beralih pada pemanfaatan genset.

“Salah satunya adalah PT Gunung Garuda di Rayon Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi yang kini mengurangi pasokan daya 100 MW dari kebutuhan 215 MW untuk produksi,” katanya.

Berkurangnya pemanfaatan 100 MW listrik di PT Gunung Garuda, kata dia, kini bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan suplai listrik bagi pelanggan rumah tangga di wilayah Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi sebanyak total 1.450.000 rumah tangga.

Renny juga tengah mengerahkan personel di 10 rayon wilayah Bekasi untuk meminta pengusaha industri lainnya yang kini memanfaatkan listrik PLN dalam skala besar untuk turut berperan menjaga stabilitas pasokan listrik rumah tangga dengan beralih ke genset.

Baca Juga :  RS Siloam Hospitals Bekasi Timur di Resmikan Oleh Walikota Bekasi

Renny memastikan, pasokan listrik di wilayah Bekasi akan kembali normal pada Jumat (7/9) besok. Namun demikian, upaya menstabilkan suplai listrik kepada total 1.650.000 pelanggan di wilayah Bekasi juga dilakukan pihaknya dengan cara melakukan pemadaman bergilir dengan interval 2 jam sekali.

“Tidak hanya pelanggan rumah tangga, pelanggan industri juga kita lakukan pemadaman secara bergilir maksimal setiap 2 jam sekali agar tidak terlalu menganggu proses produksi mereka,” katanya.

Lebih lanjut, Renny mengatakan, terdapat delapan kawasan industri yang kini terkena dampak kebijakan tersebut, di antaranya Deltamas, Hyundai, MM2100, Jababeka, Marunda Center, Kawadan Industri Terpadu Indonesia-China, Delta Silicon dan Bekasi Fajar.

“Saya optimistis pemadaman bergilir kali ini tidak berdampak serius pada proses produksi karena mayoritas industri telah dilengkapi dengan fasilitas genset berkapasitas mulai dari 200 kVA sampai dengan 2 MVA,” tandasnya.(red/RJN)

Berita Terkait

Disdukcapil Kabupaten Bekasi: Tidak Semua Warga Melek Teknologi, Botram Solusi Efektif Layani Masyarakat
Jasa Marga Lanjutkan Pemeliharaan Perkerasan Jalan Tol Ruas Jakarta-Tangerang
Mas Tri dari Dapat Surat Rekomendasi dari PAN
Ini Hadiah yang Bakal Didapat Klub Peserta Piala Presiden 2024 Mulai dari Juara Hingga Pemain Terbaik!
Pemkab Bekasi Serahkan Aset Wilayah Layanan Perumda Tirta Bhagasasi Pada Pemkot Bekasi
Pembebasan Lahan Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri Segmen Kertosono-Kediri Capai 46,8%, PT JNK Pastikan Pengerjaan Konstruksi Sesuai Rencana
Peduli ODGJ, Pj. Wali Kota Bekasi Beri Bantuan Sembako dan Pemeriksaan dan OBat-Obatan Gratis
Tingkatkan Kenyamanan Pengunjung, PT JMRB dan PT PGNMAS Bangun Executive Lounge di Rest Area Travoy KM 88
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 21 Juli 2024 - 11:22 WIB

Disdukcapil Kabupaten Bekasi: Tidak Semua Warga Melek Teknologi, Botram Solusi Efektif Layani Masyarakat

Sabtu, 20 Juli 2024 - 20:59 WIB

Jasa Marga Lanjutkan Pemeliharaan Perkerasan Jalan Tol Ruas Jakarta-Tangerang

Sabtu, 20 Juli 2024 - 16:03 WIB

Mas Tri dari Dapat Surat Rekomendasi dari PAN

Sabtu, 20 Juli 2024 - 15:56 WIB

Ini Hadiah yang Bakal Didapat Klub Peserta Piala Presiden 2024 Mulai dari Juara Hingga Pemain Terbaik!

Jumat, 19 Juli 2024 - 15:32 WIB

Pemkab Bekasi Serahkan Aset Wilayah Layanan Perumda Tirta Bhagasasi Pada Pemkot Bekasi

Berita Terbaru

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan panduan untuk memudahkan kedatangan dan menjadikan waktu berburu mobil baru jadi lebih menyenangkan.

Bisnis

Suzuki Berikan Tips di Pameran GIIAS 2024, Ini Tipsnya !

Sabtu, 20 Jul 2024 - 17:54 WIB

Foto : Partai Amanat Nasional Kota Bekasi Resmi Rekomendasi Tri Adhianto Calon Walikota Bekasi 2024.

Bekasi

Mas Tri dari Dapat Surat Rekomendasi dari PAN

Sabtu, 20 Jul 2024 - 16:03 WIB