Panwaslu Kota Cirebon Tangani 3 Aduan Dugaan Money Politic

  • Whatsapp

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Cirebon mendapatkan tiga laporan aduan terkait dugaan money politic pada Pilwalkot Cirebon 2018. Ketiga dugaan pelanggaran tersebut ditemukan pada H-1 hingga Subuh jelang waktu pencoblosan, Rabu (27/6).

Menurut Komisioner Panwaslu Kota Cirebon Mohamad Joharudin, kasus pertama muncul di RW 09 Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon. Seorang warga mengaku mengetahui adanya praktek tersebut yang dilakukan oleh Timses salah satu Paslon.

Bacaan Lainnya

“Warga tersebut kemudian melaporkannya ke Kantor Kecamatan. Kemudian laporan tersebut diproses oleh Panwascam dan masuk ke dalam kategori money politic,” jelasnya saat ditemui awak media di Kantor Panwaslu, Jl. Penamparan Kota Cirebon, Rabu (27/6).

Kemudian, kasus kedua dilaporkan oleh warga beberapa jam menjelang waktu pencoblosan, tepatnya pada dini hari sekitar pukul 03.00 WIB di wilayah Pegambiran Kota Cirebon. Warga tersebut pada Rabu (27/6) menerima bola voli, net, kopi, dan kaos. 

Sedangkan kasus yang ketiga, Panwaslu Kota Cirebon mendapat laporan sekitar pukul 04.00 WIB subuh tadi, bahwa ada dua mobil yang dihadang oleh warga setempat lantaran dicurigai akan melakukan dugaan money politic.

“Untuk yang ketiga ini masih dalam aduan dan belum ada bukti, walaupun sudah digeladah oleh polisi dan disaksikan pula oleh pihak dari dua Paslon,” terangnya.

Dari ketiga kasus tersebut, tambahnya, Panwaslu Kota Cirebon sudah mengamankan barang bukti, seperti uang tunai Rp 50.000 sejumlah Rp 400.000, bola voli, net, kopi, dan kaos.

“Hingga kini kami masih terus melakukan proses pemeriksaan,” pungkasnya.(Juf/RJN)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *