Lomba Foto Cirebon Power, Terinspirasi Dari Semangat Juang Masyarakat Cirebon

oleh -
ilustrasi.

RJN, Cirebon – Dua belas Pemenang lomba foto The Spirit Of Cirebon yang diselenggarakan oleh Cirebon Power, akhirnya diumumkan. Mereka berhasil menyisihkan ratusan peserta lainnya yang juga ikut ambil bagian, dalam lomba yang sudah dilaksanakan pada tahun ketiga ini.

Menurut Presiden Direktur Cirebon Power, Heru Dewanto, kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat secara tidak langsung, untuk terlibat dalam proses bisnis perusahaan. Salah satu proses bisnis yang dilakukan oleh Cirebon Power adalah pembuatan kalender, yang nantinya akan didistribusikan kepada relasi dan rekanan serta klien Cirebon Power.

“ Proses pembuatan ini, kita manfaatkan untuk melibatkan masyarakat, terutama pecinta fotografi,” ujar Heru, saat melakukan penyerahan hadiah pemenang lomba, Kamis 22 November 2018.

Pada tahun ini, pihaknya mengambil tema The Spirit of Cirebon, karena menurutnya, masyarakat Cirebon memilki semangat juang yang tinggi dalam melakukan pekerjaannya. Hal tersebut juga bisa dilihat, dari hasil foto-foto yang dihasilkan oleh para pemenang.

“ Semangat dan daya juang masyarakat Cirebon ini, akan kita bagikan ke masyarakat luas. Sehingga diharapkan bisa memberikan inspirasi kepada masyarakat lainnya,” kata Heru.

Agun Priyatna, pemenang juara pertama lomba foto ini, tidak menyangka bakal mendapatkan peringkat satu. Menurutnya, peserta lain yang ikut dalam perlombaan foto ini, sangat berpengalaman, melebihi dirinya. Agun juga menjelaskan, foto yang berhasil membawanya untuk menjadi pemenang utama dalam lomba ini, adalah foto warga yang bergotong-royong menarik perahu.

“ Saya ambil di Desa Bandengan Kecamatan Mundu,” kata Agun.

Ia sebenarnya mengirimkan empat foto dalam lomba ini, namun foto menarik perahu, rupanya menarik dewan juri dan memilihnya menjadi pemenang. Agun juga menuturkan, bahwa dirinya mengambil empat foto dilokasi yang berbeda, bahkan lokasi yang berjauhan.

“ Ada yang di Arjawinangun, Trusmi dan Bandengan,” ujar Agun.

Ia menduga, dewan juri memilih foto gotong royong menarik perahu sebagai juara, dikarenakan ada semangat kebersamaan yang timbul dalam foto tersebut. Ia juga mengaku bersyukur bisa meraih peringkat yang pertama dan memberikan semangat untuk mengembangkan kemampuannya dalam dunia fotografi.

“ Saya bersyukur sekali bisa menjadi pemenang pertama,” kata Agun.

Sementara itu, ketua pelaksana lomba foto Cirebon Power, Yuda Panjaitan, mengatakan, kualitas foto peserta pada lomba tahun ini, jauh lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya. Walaupun, ada penurunan kuantitas foto yang dikirim. Pada lomba kali ini, panitia menerima sekitar lebih 400 foto, yang dibagi dalam dua kategori.

“ Ada kategori umum dan jurnalis, kami ingin rekan-rekan jurnalis juga semakin mengasah keterampilan fotografi” ujar Yuda.

Yuda juga menyebutkan, bahwa pihaknya cukup kesulitan untuk menentukan pemenang dalam lomba ini. Hal tersebt karena kualitas foto yang dihasilkan peserta bagus dan cukup merata. Selain dari Cirebon Power, fotografer professional Arbain Rambey, juga ikut dalam dewan juri yang menentukan pemenang lomba.

“ Kita cukup kesulitan untuk menentukan pemenang, namun akhirnya bisa kita dapatkan,” kata Yuda.

Berikut Nama pemenang lomba foto Cirebon Power :
Kategori Umum
Juara 1 : Agun Priyatna
Juara 2 : Alif Irsa
Juara 3 : Muhammad Hasbi
Kategori Jurnalis
Juara 1 : Dedi Suwidiantoro ( Antara Foto)
Juara 2 : Sudirman Wamad (Detik.com)
Juara 3 : Imam Baehaqi ( Tribunnews.com)
Juara Harapan
Juara Harapan 1 : Agung Akbar
Juara Harapan 2 : Alfian Nurkholis
Juara Harapan 3 : Gigih Giandono
Foto Favorit
Juara Favorit 1 : Asep Saeful
Juara Favorit 2 : Hadi Mulyana
Juara Favorit 3 : Hadi Mulyana.

(ymd/rjn)

Berita Rekomendasi

Comment