oleh

Lanal Cirebon Joy Sailing dengan Pelajar dan Masyarakat

RJN, Cirebon – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cirebon menyelenggarakan joy sailing (berlayar gembira) menggunakan KRI Teluk Cirebon 543 dan KRI Tenggiri 865, bersama ratusan pelajar dan masyarakat di perairan Cirebon, Kamis (12/12) pagi.

Joy sailing yang berlangsung selama 3 jam tersebut bertujuan untuk memberikan pengarahan kepada pelajar, taruna Suaka Bahari Cirebon dan masyarakat umum tentang pentingnya bela negara. Selain itu, memberikan kebanggaan kepada masyarakat dengan kepemilikan kapal dari TNI AL, sehingga semakin cinta terhadap bangsa Indonesia.

Komandan Lanal (Danlanal) Cirebon, Letkol Laut Agung Nugroho mengatakan, kegiatan yang dilakukan selama berlayar adalah penyuluhan, terkait wawasan bela negara, hingga kehidupan di atas kapal perang.

“Kegiatan bela negara ini sebenarnya rutin dilaksanakan, baik dari pemerintah, serta TNI-Polri. Namun untuk bela negara unsur maritim, khususnya di wilayah Cirebon ini baru pertama kali,”  katanya.

Agung juga menjelaskan, UU mengamanatkan agar TNI dan Polri juga memiliki kewajiban untuk memberikan informasi dan penyuluhan terkait pertahanan negara kepada generasi muda.

“Pemberian penyuluhan ini sebagai unsur komponen cadangan dan pendukung, agar generasi muda lebih memahami dan bisa menyikapi dengan baik melalui kegiatan ini. Sehingga, mereka akan membantu agar negara ini bisa maju dan bermartabat,” katanya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan peserta joy aailing bisa merasakan kebanggaan terhadap keamanan dan pertahanan yang dimiliki oleh negara.

(mig/rjn)

Komentar

News Feed