KPU Kota Cirebon Lakukan Tahapan Verifikasi Faktual Bagi Parpol

oleh -

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon melakukan tahapan baru lagi dalam keikutsertaan partai politik di Pemilu 2018 nanti, yakni Verifikasi Faktual keanggotaan partai politik peserta pemilu.

Menurut anggota Divisi Hukum, Umum, Keuangan, dan Logistik KPU Kota Cirebon Sanusi, tahapan verifikasi faktual ini adalah tahapan bagi partai politik yang sudah menyerahkan perbaikan dan sudah diverifikasi oleh KPU tanggal 11 Desember 2017 kemarin, sehingga KPU RI menyatakan partai mana yang memenuhi syarat.

“Ada 14 partai yang melakukan pendaftaran dan lolos menurut KPU RI. Dari 14 partai tersebut, 10 partai adalah partai lama, sedangkan yang 4 adalah partai baru,” jelasnya saat ditemui RakyatJabarNews.com di kantor KPU Kota Cirebon, Jl. Palang Merah Kota Cirebon hari Sabtu (16/12).

Sanusi melanjutkan, dari 4 partai baru tersebut, hanya 2 yang lolos, yakni Perindo dan PSI. Dua partai tersebut akan diverifikasi faktual mengenai kepengurusan dan keanggotaan. Kemudian akan dipanggil untuk diambil nomor urut. Sedangkan untuk partai lama tidak usah diverifikasi faktual lagi.

“Dua partai baru yang tidak lolos tersebut kini sedang menggugat dulu ke KPU RI. Mereka masih ada kemungkinan untuk lolos hingga 17 Februari 2018 nanti,” jelasnya.

Sanusi mengaku, banyk sekali kendala dalam Pemilu 2018 ini, karena ada program-program baru. Partai-partai politik juga ada yang siap dan tidak dengan program ini.

“Selama kita berkoordinasi dengan parpol dan KPU RI, itu bisa diatasi,” pungkasnya.(Juf/RJN)

Comment