Kodim 05/07 Bekasi dan DPP Kota Bekasi Gelar Pencanangan TNI Manunggal KB Kesehatan 2021

  • Whatsapp

rakyatjabarnews.com, Bekasi – Kodim 0507/ Bekasi bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bekasi dalam hal ini adalah Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bekasi menyelenggarakan giat Bhakti Sosial Pelayanan KB IUD dan Implant dalam rangka Pencanangan TNI Manunggal KB Kesehatan Tahun 2021 yang bertempat di Klinik Pratama Polkesdam Jaya 0507/Bekasi, Senin (25/2021).

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0507/ Bekasi Kolonel Arm Iwan Aprianto, Wakil Ketua TP PKK Kota Bekasi Wiwiek Hargono, Kepala DPPKB Dr. Marisi, Kepala Polkesdam Jaya Kodim 0507, Ketua IDI Kota Bekasi, Ketua IBI Kota Bekasi serta para camat dan Kepala OPD se-Kota Bekasi.

Bacaan Lainnya

Iwan mengatakan dalam sambutannya kegiatan TNI manunggal KB Kesehatan ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat akan pentingnya berperan serta dalam program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (Bangga Kencana) kesehatan yang diharapkan dapat membantu pemerintah dalam menangani permasalahan kependudukan dalam rangka mengendalikan laju pertumbuhan penduduk, meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya di Kota Bekasi.

“Kegiatan bhakti sosial pelayanan KB ini dilaksanakan secara bertahap pada 25 Mei 2021 dan dilanjutkan sampai tanggal 10 Juni 2021 dengan rangkaian kegiatan pemberian pelayanan KB IUD dan Implant serta pemberian sembako kepada 300 akseptor,” ujar iwan.

Kegiatan ini mengangkat tema TNI AD bersama rakyat wujudkan keluarga sehat untuk Indonesia kuat, adapun kegiatan ini direncanakan mulai bulan Mei – Oktober 2021 meliputi kegiatan fisik dan non fisik antara lain :

1. Pelaksanaan pelayanan KB khususnya kontrasepsi metode jangka panjang dan kesehatan reproduksi bagi remaja, ibu, bayi dan anak bagi keluarga yang kurang mampu.

2. Pelaksanaan pelayaanan KB Mobile bagi peserta KB baru dan pembinaan peserta KB aktif.

3. Melaksanakan penyuluhan kepada masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran kesehatan masyarakat akan pentingnya peran sertanya dalam program KB Kesehatan.

4. Melaksanakan sosialisasi, promosi dan publikasi melalui media cetak, elektronik, poster dan umbul umbul.

5. Melaksanakan penggerakan petugas KB, Toga, Tomas, Toda, Lsm, Organisasi profesi dan institusi masyarakat dalam program KB Kesehatan.

6. Mendorong untuk lebih menumbuhkan, mengembangkan serta membina peran serta institusi masyarakat dalam memantapkan hasil pencapaian program kesehatan.

7. Pengembangan kelompok kegiatan sebagai wadah pelaksanaan berbagai kegiatan program KB Kesehatan.

Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bekasi, Wiwiek Hargono mengatakan, ia mengapresiasi kegiatan bhakti sosial tersebut. Ia juga berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat akan tahu dan peduli terhadap KB.

“Saya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Dinas DPPKB terhadap masyarakat Kota Bekasi yang bekerja sama dengan TNI ini kemanunggalan yang harus kita kerjakan bersama artinya ini bermanfaat bagaimana ini bermanfaat untuk menekan angka kelahiran yang ada di Kota Bekasi sehingga menghasilkan generasi-generasi yang hebat, kuat, tentunya yang nanti bisa membangun Kota Bekasi, ” ujarnya.

“Harapannya akan semakin banyak masyarakat yang tau dan peduli serta ngga perlu takut lagi bahwa ber-KB itu membantu masyarakat untuk menjaga angka kelahiran, jarak kelahiran bahwa banyaknya anak namun tidak memiliki kualitas itu juga berbahaya buat kestabilan dalam rumah tangga maupun masyarkatnya sendiri. Jadi diharapkan jika masyarakat tidak memiliki dana, mengajak masyarakat ayo menjaga jarak kelahiran, menjaga kualitas dari anak-anak yang dihasilkan sehingga rumah tangga menjadi rumah tangga yang sakinah mawaddah warrahmah yang akan membangun Kota Bekasi dari keluarga-keluarga yang tangguh tadi,” tutupnya.

(red)

Pos terkait

Comment