Jelang Idul Adha, Dinas Pertanian Lepas 35 Tim Teknis Pengawas Hewan Kurban

oleh -
Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi melepas 35 orang tim teknis pengawas kesehatan hewan kurban dalam rangka menghadapi Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023, di Hotel GTV, Sukamahi, Cikarang Pusat, pada Selasa (13/06/2023).

Bekasi – Pemkab Bekasi melalui Dinas Pertanian, melepas 35 orang tim teknis pengawas kesehatan hewan kurban dalam rangka menghadapi Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023. Acara ini digelar di Hotel GTV, Sukamahi, Cikarang Pusat, pada Selasa (13/06/2023).

Asisten Daerah II Setda Kabupaten Bekasi, Iwan Ridwan mewakili Sekda Dedy Supriyadi dalam sambutannya menyampaikan, tim teknis ini diarahkan untuk memastikan hewan kurban yang ada di Kabupaten Bekasi layak dijual dan dikonsumsi masyarakat.

“Pengawasan hewan kurban dilakukan pada saat hewan sebelum dipotong (ante mortem) dan setelah dipotong (pos mortem). Pemeriksaan meliputi suhu tubuh, frekuensi nafas, jantung dan sebagainya untuk mengetahui layak secara syariat,” ungkapnya.

Sementara mengenai pemeriksaan pos mortem, sambungnya, akan diperhatikan kondisi jeroan seperti limpa, jantung, paru-paru, hati, ginjal dan beberapa kelenjar.

“Pemeriksaan ini bertujuan untuk menjamin kualitas daging, jeroan, aman dan layak untuk dikonsumsi, dan mendeteksi kelainan pada karkas, hati, jantung dan jeroan,” tuturnya.

Berdasarkan pengalaman pada Hari Raya Idul Adha tahun lalu, jelasnya, di Kabupaten Bekasi tidak ditemukan adanya kasus penyakit hewan menular yang bersifat zoonosis (antrax).

Berita Rekomendasi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments