Inilah Persiapan Polres Cirebon Kota Menjelang Arus Mudik

  • Whatsapp

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Menjelang datangnya arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1439 H, jajaran Polres Cirebon Kota berkoordinasi dengan instansi terkait Kota Cirebon untuk melancarkan Operasi Ketupat. Adapun rapat persiapan tersebut diselenggarakan di Hotel Apita, Jl. Tuparev Kedawung Kabupaten Cirebon, Rabu (23/5).

Menurut Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy melalui Kasat Lantas Polres Cirebon Kota AKP Rezkhy Satya mengatakan, rapat koordinasi ini untuk mempersiapkan datangnya arus mudik dan balik pada Lebaran Idul Fitri 1439 H nanti.

Bacaan Lainnya

“Yang akan kita lakukan adalah menempatkan beberapa personil di beberapa tempat, terutama di titik kemacetan seperti persimpangan, lampu merah, tempat kuliner, pasar, dan lain-lain,” jelasnya saat ditemui awak media, Rabu (23/5).

Rezkhy melanjutkan, untuk wilayah kuliner seperti di Tengah Tani, dirinya mengimbau kepada warga dan pengunjung supaya tidak memarkirkan kendaraannya di bahu jalan. Sebab, akan menimbulkan kemacetan.

Untuk itu, dia menginstruksikan kepada Satpol PP dan warga sekitar yang memiliki lahan kosong, supaya bisa memanfaatkan lahan kosong tersebut untuk parkir.

“Kalau memang padat sekali, upaya yang harus kita lakukan adalah contra flow dari perbatasan Plered sampai tempat kuliner tersebut,” jelasnya.

Rezkhy mengimbau kepada para pemudik untuk tetap menjaga keselamatan dan ikuti arahan petugas. “Apabila melalui jalur arteri, kami sudah siapkan rambu-rambu dan petunjuk untuk mengarahkan Anda pada tujuannya, sehingga kami imbau untuk perhatikan dengan seksama,” jelasnya.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Cirebon Atang mengungkapkan, persiapan yang dilakukan oleh Dishub Kota Cirebon adalah menambahkan tanda-tanda rambu dan personil. Dan juga, akan berkoordinasi dengan pihak provinsi terkait PJU yang mati di jalur nasional, seperti di jalan layang Pegambiran.

“Kalau mudik, kita utamakan dari Mundu sampai Kedawung. Kita koordinasikan jalan nasional tersebut dengan pihk provinsi, apakah didanai dari sana. Kita juga akan adakan perbaikan-perbaikan,” terangnya.

Sedangkan menurut Sekretaris Daerah Kota Cirebon Asep Dedi mengatakan, rapat koordinasi ini adalah persiapan menghadapi arus mudik dan arus balik. Meskipun sudah secara rutin dilakukan setiap tahun, tapi tentunya pengalaman di tahun lalu akan dijadikan bahan evaluasi untuk tahun ini.

“Ini akan dievaluasi semauanya. Kami dari Pemda Kota Cirebon akan mengecek semuanya, termasuk infrastruktur. Jangan sampai ada kendala di arus mudik dan balik,” pungkasnya.(Juf/RJN)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *