Guru Cantik Yang Pintar Menjahit

oleh -

RakyatJabarNews.com – Menjalankan sebuah bisnis yang paling asyik memang dari sebuah hobi. Selain bisa menyalurkan hobi, kita pun bisa meraup rupiah dari hobi tersebut. Seperti yang dilakukan seorang guru SMK swasta di Kota Cirebon, Siska Soemadi.

Sejak masa sekolah hingga saat ini, ia menekuni hobi menjahitnya. Meski sibuk mengajar, Siska tetap bisa menerima order membuat baju, mengecilkan atau mengubah model baju sekalipun. Kepada RakyatJabarNews.com, Siska menuturkan bahwa awal mulanya, hobinya itu muncul karena keinginan orangtua yang menyekolahkannya di SMKN 2 Kota Cirebon dengan mengambil jurusan tata busana.

“Awalnya saya kurang tertarik masuk sekolah kejuruan, karena saya lebih minat ke SMA umum. Tapi pada akhirnya setelah dijalani selama 3 tahun sekolah, banyak sekali ilmu yang didapat tentang tata busana, dan akhirnya saya pun menyukainya,” ungkap Guru Bahasa Indonesia ini.

Setelah lulus SMK, Siska melanjutkan studi ke perguruan tinggi swasta di Kota Cirebon. Di sana, teman-temannya menilai bahwa pilihan Siska itu tidak nyambung, karena dari SMK jurusan tata busana melanjutkan kuliah di FKIP jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia.

“Banyak yang bertanya kenapa tidak melanjutkan kuliah ke jurusan yang sama yaitu tata busana, supaya tambah mendalami. Saya jawab, sebenarnya saya tidak diizinkan oleh orang tua untuk kuliah ke luar kota, jadi saya lebih memilih kuliah di Cirebon. Kuliah kan bisa di mana saja, asal kita menikmati dan menyukai jurusan tersebut,” katanya.

Setelah ia memasuki awal perkuliahan, ia mulai berani membuka order menjahit. Pada awalnya, ia membuka order jahit hanya kepada teman-teman dekat kuliahnya saja, seperti mengecilkan pakaian-pakaian yang ukurannya tidak pas. Setelah itu teman-temannya mulai mengetahui kalau dia bisa menjahit.

“Pada suatu ketika, saya mempunyai dosen yang asli orang Bandung dan baru menetap di Cirebon. Beliau bertanya kepada teman-teman bahwa sedang mancari orang yang bisa menjahit. Teman-teman bilang ke dosen tersebut kalau saya bisa menjahit dan membuka jahitan. Akhirnya, ibu dosen menjahit ke saya, mulai dari mengecilkan, mengubah model baju dan lainnya. Menurut beliau, hasil jahitannya memuaskan,” ucap pemilik Sisca’s Gallery ini.

Dalam menekuni usahanya ini, Siska dibantu oleh tantenya yang memang lulusan sekolah tata busana. Ia mengungkapkan, meskipun usaha order menjahit ini masih terhitung kecil dan di rumah saja, tapi orderan yang masuk lumayan menumpuk. “Karena takut tidak dapat memenuhi orderan, pelayanan order menjahit Sisca’s Gallery ini belum sampai online, masih melalui sms, BBM/WA,” katanya.

Siska berharap, apa yang ia lakukan ini dapat menginspirasi bahwa perempuan juga bisa berwirausaha  dengan mengembangkan kesukaan yang ada di dalam diri, bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. (Dul/RJN)

Comment

No More Posts Available.

No more pages to load.