Gelar Pameran Foto Pertama Kali, Ini Wadah Pertukaran Budaya Indonesia-Jepang

  • Whatsapp
Pameran: Sejumlah warga Jepang yang tinggal di Lippo Cikarang mengikuti pameran foto dan Panel Discussion pada dengan pembicara Aoki Sumio.

RakyatJabarNews.com, Cikarang– PT Lippo Cikarang Tbk menggelar pameran foto untuk pertama kalinya berlokasi di Japan Information Center (JIC), Lippo Cikarang.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 14 Juli sampai dengan 4 Agustus 2018. Hal ini disampaikan oleh Presiden Direktur PT Lippo Cikarang, Simon Subiyanto, (14/7).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, hal ini salah satu cara memberikan fasilitas yang terbaik melalui Japan Information Centre, khususnya bagi 2.000 warga Jepang yang tinggal di Lippo Cikarang.

“Melalui pameran foto ini juga diharapkan dapat menjadi wadah pertukaran budaya yang semakin menegaskan hubungan diplomatik antara Indonesia- Jepang yang sudah berjalan selama 60 tahun,” ucapnya.

Pameran foto dengan tema Masyarakat dan Alam Jawa Barat Era 1930 menampilkan sebanyak 46 karya dari fotografer Jepang bernama K.T Satake.

Satake sendiri merupakan fotografer Jepang yang memiliki usaha fotografi di daerah Tosari, Surabaya. Selain itu, beliau juga menerbitkan kartu pos bergambat pemandangan indah serta sebuah buku berjudul ‘Camera-Beelden van Sumatra, Java & Bali’ yang berisi potret kondisi dan aktivitas masyarakat Indonesia pada tahun 1930.

Buku tersebut dicetak di London pada tahun 1935 dan diterbitkan di kota Surabaya. Melalui foto-foto yang terdapat pada buku tersebut pameran ini terselenggara.

Acara ini akan diawali dengan Panel Discussion pada 14 Juli 2018 dengan presenter Aoki Sumio. Aoki Sumio merupakan siswa Bahasa Indonesia dari Universitas Padjajaran (UNPAD). Ia juga seorang penulis buku ‘Indonesia di Mata Masyarakat Jepang di Hinda Belanda 100 Tahun yang lalu dalam Kartu Pos bergambar Foto’. Selain itu, Aoki Sumio merupakan Mantan Guru Besar di Universitas Chubu, Jepang.

Sebelumnya, Lippo Cikarang menggelar Festival Sakura Matsuri yang berlokasi di City Walk Lippo Cikarang yang bertujuan untuk mewadahi masyarakat Jepang di Lippo Cikarang dengan berbagai festival budaya antar negara.(ziz/RJN)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *