DPUPR Kota Cirebon Tetap Beri Pelayanan Dasar di Masa Pandemi Covid-19

  • Whatsapp

RJN, Cirebon – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cirebon tetap memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat, meski di tengah pandemi Covid-19.

Kepala DPUPR, Syaroni ATD MT menjelaskan, saat ini memang ada pengurangan anggaran, lantaran harus di-refocusing untuk penanganan Covid-19 di Kota Cirebon sebesar Rp25 miliar.

“Anggaran yang terkena refocusing tersebut, terdapat dari proyek yang ditender maupun pekerjaan langsung (jasung),” ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (13/5) sore.

Syaroni juga mengakui, di tengah pandemi Covid-19 ini, tetap ada target yang mesti tercapai di tahun 2020. Seperti Alun-alun Kejaksan yang sudah berjalan sejak awal tahun.

“Target yang harus diselesaikan tahun ini adalah alun-alum karena sudah berjalan sejak Januari,” katanya.

Jika kondisi keuangan daerah masih mendukung, kata Syaroni, perbaikan jalan dan drainase di Jalan Kartini dan Siliwangi bisa dilaksanakan.

“Anggaran memang belum aman selama pandemi Covid-19 ini, karena belum berjalan. Tapi kita tetap jadi program prioritas,” ujarnya.

Di sisi lain, saat ini masih ada sebagian program yang ditunda, karena anggaran programnya masih menunggu refocusing untuk penanganan Covid-19, misalnya pembangunan gedung depo arsip dan gedung Korpri.

Sedangkan untuk pelayanan dasar, lanjut Syaroni, misalnya jasung perbaikan drainase dan jalan tidak bisa ditunda meski pandemi Covid-19.

“Proyek dengan anggaran di bawah Rp200 juta tetap berjalan. Karena yang mengerjakan adalah UMKM yang terdampak Covid-19. Sehingga harus tetap berjalan,” katanya.

Selain itu, kata Syahroni, program yang tetap berjalan lainnya adalah pelayanan dasar untuk Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL). Karena setiap hari selalu ada permohonan dari masyarakat.

“Perbaikan saluran mampet, serta pengelolaan air limbah di perumahan juga harus berjalan. Saat ini banyak yang mengajukan. Sehingga tidak bisa berhenti sama sekali,” katanya.

(red/rjn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *