DKIS Kota Cirebon Resmikan Command Center

oleh -
banner 120x600

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon meresmikan Command Center di kantor DKIS Kota Cirebon, Jl. Sudarsono Kota Cirebon, Kamis (28/12). Command Center tersebut sebagai wujud dari salah satu program pemerintah, yaitu Cirebon Smart City.

Menurut Walikota Cirebon yang membuka persemian tersebut Nasrudin Azis, Command Center ini merupakan hasil dari sekali study banding ke Banyuwangi.

“Kita sekali study banding ke Banyuwangi, dan inilah hasilnya,” jelasnya.

Sedangkan menurut Kepala DKIS Iing Daiman, Command Center ini terdapat beberapa aplikasi yang dibangun oleh perangkat daerah di android. Pembangunan Command Center di Kantor DKIS Kota Cirebon ini hanya menghabiskan waktu selama 3 bulan dengan anggaran 300 juta.

Adapun berbagai program yang sudah dibangun di Command Center ini adalah Cirebon Jeh (Jaringan Edukasi Hukum), E-Lakip (Laporan Kinerja Pemerintah), E-Puskesmas yang terhubung dengan Rumah Sakit, peta peluang investasi, Sedulur (Sistem Elektronik Administrasi Umum Kelurahan), E-Kehadiran, Ketersediaan kamar RSUD Gunung Jati, Lapor (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat), Simpel (Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian), dan Simreda (Sistem Informasi Manajemen Perencanaan Daerah).

Sedangkan aplikasi yang akan dan sedang dikembangkan adalah E-Library, E-Presensi Siswa, SP2D Online, Wisata Kota Cirebon (Wistakon), SMS blast, E-komoditas, E-Posyandu, E-Lowker, dan Sistem Informasi Pengaduan Warga (Siduga).

“Jaringan kita masih wireless, tapi ke depan akan fiber optik. Insya Allah tahun depan kita akan membangun Command Center Kota Cirebon di Balai Kota,” pungkasnya.(Juf/RJN)

Comment