Datang ke Lambangsari, Tim Penilai Disambut Tari Blantek

oleh -

RakyatJabarNews.com, Bekasi – Tim evaluasi kinerja pembangunan masyarakat desa mendatangi kantor Desa Lambangsari, Kecamatan Tambun Selatan, Kamis (29/3).

Kedatangan mereka untuk melakukan penilaian kepada Desa Lambangsari yang maju mewakili Tambun Selatan untuk lomba desa tingkat Kabupaten Bekasi.

Tim hadir bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMPD) Kabupaten Bekasi, Aat Barhaty yang disambut dengan kesenian daerah Tari Blantek yang dibawakan warga Desa Lambangsari.

Kepala Desa Lambangsari, R Yaceu Herliyanti nampak mengalungkan bunga kepada Aat sebagai bentuk penghormatan selamat datang kepada perwakilan Bupati Bekasi itu.

Usai memberikan pemaparan, tim evaluasi langsung meninjau setiap ruangan dikantor desa dan juga mengecek kondisi posyandu, poskamling di beberapa titik. Tim evaluasi juga melakukan sesi wawancara dengan staf desa dan Kepala Desa.

Warga Desa Lambangsari juga memamerkan kreasi produknya mulai dari makanan hingga kerajinan tagan didepan kantor desa dengan membuka stand-stand. Aat didampingi Camat Iman Santoso menyempatkan mengunjungi stand-stand itu.

Aat mengatakan kedatangan tim eveluasi merupakan rangkaian penilain di setiap desa yang mewakili Kecamatan. “Ini kita estafet ke perwakilan desa di tiap Kecamatan. Dan Lambangsari ini merupakan desa yang terbaik dari yang baik di Tambun Selatan,” kata Aat kepada awak media.

Pelaksanaan lomba desa ini berdasarkan Peraturan Pemerintah tentang evaluasi perkembengan desa dan kelurahan. Jadi kata Aat ini merupakan hajat nasonal, “Kita adakan rutin setiap tahun,” tuturnya.

Aat mengatakan dalam perlombaan desa ini ada beberapa point penilaian seperti kelengkapan administrasi dan pembangunan desa. “Ini untuk memotivasi desa semakn cerdas dalam menata kelembagaan secara lebih modern,” katanya.

Ditempat yang sama, Yaceu mengatakan pihaknya bangga dengan terpilihnya maju mewakili Tambun Selatan yang memiliki sembilan desa dan satu kelurahan.

Kepada tim penilai, Yaceu juga memaparkan secara gamblang tentang perkembangan Desa Lambangsari dari awal terbentuk pada tahun 1982 hingga saat ini.

Dalam menyiapkan lomba desa ini, Yaceu mengaku sudah berusaha memberikan hasil yang maksimal kepada tim penilai.

“Untuk menang atau tidak. Tentunya kita harus tetap optimis. Kita sudah berupaya semaksimal mungkin,” tandasnya.(Yto/Ziz/RJN)

Comment