Daniel Mutaqin Mengungguli Sejumlah Nama bakal Calon lain

  • Whatsapp

RJN, Indramayu – Adapun berdasarkan hasil survei, Toto Izul Fatah mengatakan, belum ada kandidat yang bisa dikategorikan sebagai matahari tunggal atau mutlak diprediksi bakal memenangkan Pilkada Indramayu 2020.

Hal ini karena persentase yang dilakukan dengan berbagai simulasi hasilnya lebih besar masyarakat yang memilih tidak tahu atau belum memiliki jawaban dibanding memilih nama bakal calon yang disediakan.

Bacaan Lainnya

Hanya saja, jika melihat persentase keunggulan dibanding sejumlah nama kandidat Calon Bupati Indramayu. Nama Daniel Mutaqin Syafiuddin mengungguli sejumlah nama bakal calon lainnya.

Toto Izul Fatah mencontohkan, ada beberapa simulasi jumlah kandidat yang dilakukan LSI Network Denny JA pada survei Pilkada Indramayu 2020, mulai dari 39 calon, 19 calon, 17 calon, 13 calon, 10 calon, dan 6 calon.

Misal pada simulasi 19 calon, Daniel Mutaqin Syafiuddin unggul dengan 19,3 persen. Ia juga unggul pada simulasi 17 calon dengan 22 persen, dan kembali unggul pada simulasi 6 calon dengan 26,6 persen.

Adapun jika diurutkan ke dalam 5 besar, posisi setelah Daniel Mutaqin Syafiuddin muncul nama Taufik Hidayat sebesar 12,5 persen pada simulasi 17 calon. Lalu dilanjut KH Syatori dengan 10,9 persen, Ami Anggraeni dengan 9,1 persen, dan Syaefudin dengan 4,1 persen.

Pada simulasi 6 calon, sejumlah nama di bawah Daniel Mutaqin Syafiuddin mengalami kenaikan walau tidak signifikan, yakni Taufik Hidayat dengan 17,3 persen, Ami Anggraeni dengan 11,6 persen, Syaefudin dengan 7 persen, Nina Agustin Da’i Bachtiar dengan 5,5 persen, dan Muhammad Sholihin dengan 1,4 persen.

“Dan ada sekitar 30,6 persen mengaku tidak tahu dan tidak menjawab (swing voter),” ujarnya.

Dari simulasi itu, Toto Izul Fatah menilai, sejumlah nama bakal calon yang masuk dalam kategori 5 besar sangat potensial memenangkan Pilkada Indramayu 2020.

Mengingat hasil survei ini hanya sebuah prediksi dan pemilihan masyarakat bisa berubah-ubah tergantung tingkat keterkenalan dan kesukaan mereka kepada bakal calon bupati.

Bakal calon yang sangat berpotensial menang harus memiliki keterkenalan di atas 80 persen dan tingkat kesukaannya seimbang.

Sedangkan dari sejumlah nama bakal Calon Bupati Indramayu, tingkat keterkenalannya rata-rata masih di bawah 70 persen.

“Daniel sendiri masih memiliki tingkat keterkenalan yang belum tembus di 70 persen ke atas, baru 60 persen rata-rata, sementara tingkat keterkenalan ini biasa menjadi poin untuk menang,” ujar dia.

Oleh karena itu, dirinya menyimpulkan belum ada nama bakal calon bupati yang diprediksi akan memenangkan Pilkada Indramayu 2020.

Semua nama tadi masih memiliki peluang untuk menang dengan syarat mampu meningkatkan keterkenalan dan kesukaan masyarakat kepada dirinya.

“Saya kira ini menjadi PR besar buat calon yang bertakegori itu untuk makin gencar melakukan sosialisasi pengenalan publik karena ini hukum dan yang ideal tentu yang keterkenalan dan kesukaannya berbanding lurus,” ujarnya.

“Yang bahaya itu kalau keterkenalannya tinggi tapi kesukaannya itu rendah, kira-kira garis besarnya itu,” pungkasnya.

(red/rjn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *