Daftar Capres-Cawapres 2024 yang Ikut Aksi Bela Palestina di Monas

oleh -
Bacawapres Anies Baswedan bersama sejumlah tokoh melakukan orasi saat Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina melakukan aksi damai di Monumen Nasional, Jakarta, Minggu, 5 November 2023. TEMPO/ Febri Angga Palguna

 Aksi Bela Palestina yang digelar di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat kemarin dihadiri sejumlah kelompok, mulai dari masyarakat, selebriti dan influencer, hingga beberapa pejabat negara. 

Pejabat yang hadiri mewakili pemerintah antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, serta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Selain itu, Ketua DPR Puan Maharani juga sempat memberikan orasinya. Lalu ada tokoh nasional lain, seperti Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla, mantan Ketua MPR Amien Rais, dan mantan Ketua MUI Din Syamsuddin.

Di antara pejabat negara tersebut, mantan Gubernur DKI Jakarta sekaligus calon presiden (capres) dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, turut hadir dalam acara yang dihelat Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina itu.

Wakil Ketua Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina Zaitun Rasmin menyampaikan, pihaknya sudah mengundang para capres dan calon wakil presiden (cawapres) 2024. Aksi ini, menurut dia, terbuka untuk seluruh masyarakat Indonesia.

“Seluruh bangsa Indonesia diundang, seluruh partai politik diundang. Bahkan selain undangan umum, diundang khusus bacapres dan bacawapres yang ada,” kata Zaitun kepada puluhan ribu peserta aksi yang hadir di Monas. 

Dia menyampaikan pernyataan tersebut sebelum mempersilakan Anies berorasi. Aksi untuk menyuarakan dukungan kepada Palestina ini tidak dihadiri dua capres lainnya, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Tiga cawapres, yakni Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Mahfud MD, dan Gibran Rakabuming Raka juga absen. 

Zaitun melanjutkan Prabowo dan Ganjar memang berhalangan hadir. Dia tidak mengungkapkan apa alasannya.

Meski begitu, Zaitun mengimbau agar peserta aksi tidak memiliki prasangka buruk kepada Prabowo dan Ganjar. “Kita harus berprasangka baik, betul?” kata Zaitun kepada massa aksi. Para demonstran pun menjawab, “Betul!”

Sebelumnya, Koordinator Humas Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina Selo Ruwandanu mengatakan tak ada capres-cawapres 2024 yang akan menghadiri Aksi Bela Palestina tersebut. Sebab, para capres-cawapres itu tidak memberikan konfirmasi kehadiran kepada panitia.

Selain itu, Selo juga mengatakan, pihaknya tak ingin aksi ini dimanfaatkan menjadi panggung politik. “Kami menghindari nuansa politik di sini,” kata Selo saat dihubungi Tempo, Sabtu, 4 November 2023.

Anies Baswedan menjadi satu-satunya capres yang memenuhi undangan aksi di Monas itu. Apa saja yang sudah dilakukan para capres-cawapres sehubungan dengan konflik Palestina-Israel yang kembali memanas sejak 7 Oktober 2023?

Comment