Aher Resmikan GERMAS Guna Meningkatkan Komitmen Kesehatan

oleh -
banner 120x600

RakyatJabarNews.com, Bandung – Gubernur Jawa Barat (Aher) bersama para Kepala OPD dan Bupati/Walikota se-Provinsi Jawa Barat menandatangani dan melakukan penggalangan komitmen Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Tingkat Provinsi Jawa Barat 2017 di eL-Royale Hotel Bandung, Rabu (18/10/17).

Menurut Aher, pembangunan kesehatan harus dilakukan oleh seluruh komponen bangsa, untuk mencapai Indonesia sehat, pemerintah daerah perlu memastikan tersedianya layanan kesehatan terstandar bagi seluruh masyarakat.

“Tadi kita membuka dan meresmikan GERMAS sebagai program pusat yang harus disukseskan oleh semua daerah kabupaten/kota, suksesnya ditentukan dengan penerapannya yang dimulai dari bawah atau instansi terkait lalu berikutnya kita tularkan pada masyarakat secara menyeluruh. Sehingga pelayanan kesehatan tidak melulu dilakukan oleh pihak kesehatan tetapi semua instansi punya harus wawasan tentang kesehatan,” paparnya.

Menurut Aher, upaya promotif dan preventif yang didukung oleh keterlibatan lintas sektor harus dikedepankan dan menjadi komitmen bersama karena pentingnya kesehatan.

Guna mewujudkan GERMAS, masyarakat pun harus disadarkan dengan perilaku hidup sehat melalui peningkatan aktivitas fisik, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, serta peningkatakan kualitas lingkungan.

“Kesehatan yang kita inginkan adalah kesehatan jasmani, rohani dan akal pikiran. Tiga hal tersebut harus menjadi fokus agar bisa lebih seimbang. Selain itu makanan yang kita konsumsi juga harus B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman). Kedepan kita juga ingin makanan-makanan bebas dari residu sehingga tidak membahayakan tubuh kita,” tuturnya.

Ditegaskannya, adapun faktor lingkungan dan gerak tubuh yang teratur, cukup dan memadai. Karena pada saat yang sama 75% kesehatan masyarakan dipengaruhi oleh perilaku hidup sehat dan lingkungan yang sehat.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Dodo Suhendar mengatakan, berdasarkan data dari dinasnya, cakupan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Provinsi Jawa Barat tahun 2016 sebesar 53,6% dan cakupan Desa Siaga Aktif Provinsi Jawa Barat tahun 2016 sebesar 95%.

“Saya berharap dengan komitmen GERMAS ini masyarakat dapat lebih aware tentang kesehatan, dengan mengenali sumber daya dan potensi lokal yang dimiliki masyarakat untuk mencapai hidup sehat,” ungkapnya.

Diakuinya, dalam pelaksanaannya, GERMAS melibatkan peran akademisi, masyarakat dan dunia usaha sesuai ketentuan perundang-undangan.(red/RJN)

Comment